Kepala Dinas Kesehatan Tapanuli Selatan dr Sri Khairunisah menyebut vaksin sinovac bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan virus (COVID-19). 

Ia menyampaikan hal tersebut pada acara sosialisasi,  di Aula Sarasi Kantor Bupati Tapsel, Rabu (3/1) terkait hadirnya vaksin COVID-19.

Bahkan, katanya, bahwa tidak benar (hoax) bila ada ada yang mengatakan vaksin COVID-19 yang disuntikkan ke seseorang akan menghidupkan virus kembali.

Baca juga: Sektor wisata Tapsel dibenahi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat

"Vaksin produk biologis, yang bisa melemahkan (mematikan) virus. Dimana tubuh semakin terlindung atau dapat semakin kebal menghadapi virus (COVID-19)," katanya.

"Vaksin COVID-19 ini apabila di suntikan ke tubuh, maka tubuh akan memberi perlawanan dan membentuk antibodi. Vaksin merangsang percepatan pertumbuhan antibodi," jelasnya.

Vaksin sinovac yang tidak membutuhkan perlakuan khusus seperti vaksin jenis lainnya.  Sinovac cocok dengan kondisi geografis di Indonesia hanya perlu di suhu 2-8 derajat celcius, ujarnya.

Sosialisasi ini dihadiri Ketua DPRD Tapsel Husin Sogot Simatupang, unsur Forkopimda, Pimpinan OPD, Camat se Tapsel, Ketua MUI, Organisasi Profesi, Kepala Puskesmas dan Dokter Puskesmas.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021