Sebanyak 18.700 dosis vaksin dengan jadwal vaksinasi COVID-19 kepada seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Medan sebagai peserta pertama akan mulai diberikan pada Jumat (15/1).

"Untuk Kota Medan, jumlah vaksin yang diterima sebanyak 18.700 vial. Vaksinasi kita laksanakan mulai pukul 09.00 WIB. Semoga vaksinasi berjalan lancar, sehingga upaya kita memutus mata rantai penyebaran COVID-19 berhasil," kata Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution saat menerima pengurus FKUB Kota Medan di Balai Kota Medan, Rabu (14/1)

Direncanakan Posko Satgas COVID-19 yang terletak di Gedung Dharma Wanita, Jalan Rotan Medan akan menjadi tempat pelaksanaan vaksin perdana tersebut.

Baca juga: Dinkes Sumut mulai distribusikan vaksin COVID-19 ke tiga daerah

Kemungkinan yang akan mendapatkan vaksinasi pertama kali adalah Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman karena secara medis memenuhi syarat sebagai menerima vaksin dan merupakan orang belum pernah terpapar COVID-19.

"Sesuai persyaratan medis tersebut, saya tidak akan menerima vaksin. Sebab, saya pernah positif COVID-19 dan menjalani perawatan. Jadi istilah medis, saya ini disebut sebagai penyintas," ungkap dia.

Ia melanjutkan, usai unsur Forkopimda Kota Medan mendapat vaksin, maka vaksinasi COVID-19 diberikan kepada seluruh tenaga kesehatan sesuai dengan pedoman dikeluarkan Kementerian Kesehatan.

"Insya Allah, vaksinasi untuk tenaga kesehatan akan dilaksanakan Senin (18/1) mendatang," papar Akhyar.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021