Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga Sumatera Utara agar mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah lereng timur, pantai timur, dan pegunungan pada sore-malam hari yang dapat menyebabkan banjir dan longsor.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima dari BMKG Medan, Rabu, siang hari berpotensi terjadi hujan ringan hingga sedang di sejumlah wilayah di Sumut,  yakni Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Humbahas, dan Langkat.

Kemudian Deli Serdang, Medan, Binjai, Pakpak Bharat, Dairi, Karo, Sergai, Tebing Tinggi, Batubara, Asahan, Labuhanbatu, Toba, Simalungun, serta Samosir dan sekitarnya.

Sore hingga malam hari berawan dan berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Langkat, Binjai, Deli Serdang, Medan, Asahan, Serdang Bedagai, Karo, Dairi, Pakpak Bharat,  Simalungun, Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Madina, Tapanuli Tengah, dan sekitarnya.

Mengingat potensi hujan tersebut, masyarakat diingatkan untuk waspada kemungkinan terjadinya banjir dan longsor.
 
Sementara suhu udara 17.0-32.0 derajat Celcius, kelembaban udara 60-98 persen dan angin berhembus dari Timur Laut-Barat Daya dnegan kecepatan 10-20 km/jam.

Prakiraan gelombang laut Samudera Hindia Barat Nias, Perairan Nias-Sibolga dengan ketinggian 1,25 hingga 2,5 meter.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021