Rumah Sakit Tk II Putri Hijau Medan, Provinsi Sumatera Utara, menggelar rapid test bagi seluruh prajurit dan PNS jajaran Kodam I/Bukit Barisan guna mencegah dan mendeteksi awal virus corona (COVID-19).

Kepala Rumkit Tk II Putri Hijau Medan Kolonel Ckm dr Mhd Irsan Basyroel, SpKK FINSDV saat menginspeksi kesiapan sarana, prasarana dan petugas media untuk kegiatan rapid test COVID-19 di Medan, Selasa (5/1), mengatakan Kodam I/BB akan terus melaksanakan pemeriksaan secara rutin terhadap prajurit dan PNS di jajaran Kodam I/BB sehingga pimpinan dapat mengetahui dengan jelas tentang kondisi kesehatan mereka.

Selama kegiatan rapid test COVID-19 tetap memperhatikan protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan air serta sabun.

"Untuk satuan Balakdam di luar Makodam I/BB pelaksanaan rapid test COVID-19 dilakasanakan di Rumkit Tk II Putri Hijau," katanya.

Sementara itu, Kapendam I/BB Kolonel Inf Zeni Djunaidhi menambahkan Kodam I/BB telah melaksanakan kegiatan pemeriksaan rapid test COVID-19 secara serentak di seluruh wilayah teritoral Kodam I/BB yang ada di empat provinsi yakni Sumut, Sumbar, Riau dan Kepri.

"Pemeriksan rapid test terhadap prajurit dan PNS jajaran Kodam I/BB guna memastikan bahwa mereka benar-benar bersih dari paparan COVID-19 dan sekaligus untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di wilayah kerjanya dan khususnya di lingkungan Kodam I/BB," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk wilayah Makodam I/BB dan Kota Medan sekitarnya, pelaksanaan rapid test digelar di dua lokasi, yakni Poliklinik Kodam I/BB (Polmakodam I/BB) dan Rumah Sakit Putri Hijau Medan.
 

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021