Perum Bulog Sumatera Utara menjamin stok gula kristal cukup aman dan bersiap menggelontorkan komoditas itu lebih banyak untuk menekan lonjakan harga menjelang Natal dan tahun baru.

"Stok gula ada 71,83 ton dan cukup aman untuk memenuhi permintaan walau nantinya ada peningkatan jelang Natal dan tahun baru," ujar Pemimpin Perum Bulog Sumut, Arwakhudin Widiarso di Medan, Senin.

Menurut dia, hasil pantauan Bulog, harga gula masih stabil di pasar di kisaran Rp12.500 per kg sesuai harga eceran tertinggi (HET).

Baca juga: Bulog: Permintaan gula di Sumut meningkat Jelang Natal

Wiwiek, panggilan akrab Arwakhudin Widianto, menyebutkan, permintaan gula ke Bulog juga masih stabil dengan kecenderungan sedikit atau tidak banyak.

Bulog bersiap menggelontorkan gula lebih banyak sehingga kalau ada peningkatan permintaan jelang Natal dan tahun baru, komoditas itu tidak meninggalkan gejolak harga.

"Stok gula 71,83 ton itu cukup aman apalagi bulan Desember hanya tinggal beberapa hari lagi," katanya.

Kalau pun nyatanya nantinya stok gula menipis, maka, ujar Wiwiek, Bulog bisa segera minta penambahan ke Bulog di Jakarta.

Dia menegaskan, Bulog terus memantau pergerakan harga bahan pokok di pasar agar bisa cepat mengambil langkah yang diperlukan.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020