PT Perkebunan Nusantara II (PTPN II) sudah menyalurkan dana pinjaman sebesar Rp3,3 miliar untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Sumut.

"Tahap II penyaluran sebesar Rp1, 8 miliar, setelah sebelumnya di tahap I sejumlah Rp1,5 miliar," ujar Kepala Bagian Pengadaan dan Umum PTPN II Diwan Syahdu di Medan, Rabu, usai acara penyaluran pinjaman tahap II di kantor direksi. 

Pinjaman di tahap II yang sebesar Rp1,8 miliar itu diperuntukkan bagi UMKM yang berada di tiga kabupaten dan satu kota di Sumut. 

Baca juga: Bulog: Permintaan gula di Sumut meningkat Jelang Natal

Dia menegaskan, penetapan penerima pinjaman setelah sebelumnya dilakukan survei kelayakan terhadap proposal pengajuan. 

Dari pengajuan yang diterima PTPN II, sebanyak 84 proposal yang memenuhi persyaratan untuk mendapat pinjaman. 

Para pelaku UMKM mitra binaan yang mendapat bantuan itu bergerak di sektor peternakan (62 UMKM), 12 UMKM di sektor perdagangan, delapan di sektor jasa dan masing-masing satu sektor di industri dan pertanian.

Dana pinjaman dengan bunga pinjaman rendah tiga persen tersebut bervariasi, mulai dari Rp10 juta hingga Rp40 juta per UMKM. 

Direktur PTPN II, Irwan Perangin-angin menegaskan, penyaluran dana pinjaman untuk UMKM itu merupakan realisasi dari Peraturan Menteri BUMN Nomor 2 Tahun 2017 yang mengamanahkan setiap BUMN menyalurkan sebagian keuntungannya untuk bermitra dengan masyarakat. 

Selain itu, katanya, penyaluran pinjaman tersebut juga sebagai bentuk komitmen PTPN II untuk ikut mendorong perekonomian masyarakat daerah, khususnya di sekitar wilayah kebun.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020