Menciptakan kesadaran warga untuk terus mematuhi protokol kesehatan COVID-19, harus terus menerus dilakukan, bila tidak maka dikhawatirkan penyebaran warga terdampak positif akan terus semakin bertambah di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

"Jangan ada rasa bosan, jenuh, ataupun biarkanlah, bila itu terjadi maka penambahan pasien positip akan terus terjadi dari waktu kw waktu," kata Sekretaris KOMPAK Langkat Hidayat Syahputra SH, di Stabat, Minggu.

"Siapapun punya peran penting untuk berusaha agar penyebaran virus corona di daerah ini tidak terus semakin berkembang, namun upaya yang cukup menonjol terlihat dilakukan aparat kepolosian setempat," katanya.

Baca juga: F-PAN DPRD Langkat minta Pemkab serius tangani penyebaran COVID-19

Hanya, saat-saat tertentu saja aparat Pemkab Langkat terlihat melakukan razia masker di lapangan itupun hanya dilakukan oleh instansi Satpol PP dan Dinas Pergubungan.

Sementara yang ada kaitannya dengan antisipasi penyebaran virus corona seperti Dinas Kesehatan jarang terlihat kita temukan turut mengedukasi dalam razia masker tersebut.

"Ini sebenarnya yang menjadi perhatian serius, harus berkomitmen bersama Pemkab Langkat dengan aparat Kepolisian, demikian juga hingga ke seluruh kecamatan yang ada di kabupaten Langkat ini," ujarnya.

Sementara Ketua MPI KNPI Langkat Heri Widiyanto menyampaikan bila aparat Pemkab Langkat tidak serius terus menerus mengantisipasi penyebaran vjrus corona ini, warga yang positip dikhawatirkan akan terus bertambah.

Terbukti, hingga 27 November 2020 ini yang terkonfirmasi positip terkena virus corona (COVID-19) sudah mencapai 370 orang pada 23 kecamatan yang ada di Langkat ini. Dari 370 yang terkonfirmasi posotif itu terdiri dari 85 orang kini mendapat peratawan di berbagai rumah sakit yang ada di Kota Medan maupun Deli Serdang.

Sementara yang sembuh terdapat 245 orang setelah menjalani perawatan dan 40 orang meninggal dunia.

Untuk yang suspek terdapat 32 orang dan probable terdapat 11 orang, yang kesemuanya kini menjadi perhatian bagi kita bagaimana berkomitmen untuk "melandaikan" penyebaran virus corona ini.

Maka, sosialisasi, kampanye, guna "melandaikan" penyebaran virus ini harus tidak lelah dilakukan, dengan tetap menggaungkan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, mengatur jarak orang per orang, demi menghindari terjangkitnya warga terhadap virus corona ini.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020