Pemerintah Kota (Pemkot) Medan meluncurkan program Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga/PKK-Keluarga Berencana/KB-Kesehatan Kota Medan Tahun 2020 agar pemahaman terkait KB bisa meningkat demi menciptakan keluarga berkualitas di berbagai sektor kehidupan.

Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Medan, Arief Sudarto Trinugroho di Medan, Kamis, mengatakan, program ini dilaksanakan secara terpadu PKK Kota Medan bekerjasama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, seperti Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, dan Dinas Kesehatan.

"Kontribusi ini diwujudkan secara nyata terhadap cakupan pelayanan KB dan kesehatan dilakukan oleh kelompok dasawisma, posyandu, institusi masyarakat pedesaan/perkotaan, pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) dan lainnya. Terutama pelayanan di daerah terpencil, daerah tertinggal, dan daerah perbatasan, khususnya bagi masyarakat atau keluarga miskin," ucapnya ketika mencanangkan program Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Kota Medan Tahun 2020.

Guna menghapi tantangan dalam pengendalian penduduk di wilayah setempat, sambungnya, saat ini PKK telah menjadi agen pembangunan dan perubahan terdepan terutama dalam peningkatan kesejahteraan keluarga.

"Kiprah PKK di lingkungan masyarakat juga menjadi salah satu ikon 'civil society' dalam peningkatan kesejahteraan keluarga, dan menjadi lebih berdampak efektivitasnya. Dengan adanya kader PKK, maka bisa menjangkau sampai ke tingkat kelurahan," jelasnya.

Ia mengatakan, Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan merupakan bagian dalam upaya mengintensifkan lintas sektor di bidang pemberdayaan keluarga, pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana, dan kesehatan.

Pihaknya menghimbau kepada seluruh pengurus PKK di Kota Medan agar menjadi agen pemutus penyebaran COVID-19 dengan cara melakukan pencegahan sejak awal melalui penerapan protokol kesehatan dimanapun berada.

"Karena itulah saya berharap kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui kegiatan-kegiatan yang tertuang dalam 10 program pokok PKK," tutur pjs wali kota Medan.

Pjs Ketua TP PKK Kota Medan, Dian Rumondang Arief Sudarto Trinugroho, mengatakan, kegiatan tersebut menampung berbagai perubahan dan tingkat kebutuhan terus berkembang, terutama menyangkut program kegiatan penting demi mewujudkan aspek pemberdayaan dan aspek kemitraan.
 
"Saya pada kesempatan ini mengajak kepada kita semua, mari kita wujudkan kesiapan TP PKK Kota Medan di semua jenjang tingkatan mempersiapkan berbagai hal. Nanti akan ditindaklanjuti di Kota Medan, setelah kita menerima informasi dari para narasumber yang akan disampaikan pada hari ini," katanya.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020