Satgas COVID-19 melalui Dinas Sosial Serdang Bedagai, Sumatera Utara menerjunkan Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk membantu petugas keamanan dalam menerapkan protokol kesehatan bagi pengunjung yang datang ke objek wisata.

Juru Bicara Satgas penanganan COVID-19 Serdang Bedagai Drs. Akmal, AP di Seirampah, Sabtu (31/10), mengatakan dilibatkannya Tagana membantu petugas di objek wisata tersebut menindaklanjuti hasil rapat Satgas pada 26 Oktober 2020 lalu.

"Sesuai dengan SK Bupati Serdang Bedagai terkait Tim Satgas Penanganan COVID-19, Dinas Sosial ditunjuk sebagai bidang relawan. Dikarenakan adanya liburan panjang, maka diterjunkanlah Tagana ke kawasan wisata Pantai Cermin," katanya.

Baca juga: KPU Sergai komitmen laksanakan pilkada berbasis prokes

Para pengunjung sangat senang dan merasa terbantu dalam melaksanakan protokol kesehatan.

Seperti menerapkan 3M yaitu mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, sebagai upaya dalam memutus mata rantai pandemi COVID-19.

"Pengelola objek wisata juga berterima kasih kepada Pemkab Serdang Bedagai atas sinergi yang terbangun dalam menyambut kunjungan para wisatawan yang datang ke objek wisata di daerah ini," katanya.

Adapun objek wisata yang menjadi lokasi penerapan protokol kesehatan di Kecamatan Pantai Cermin, yaitu Theme Park, Pantai Pondok Permai, Pantai Woong Rame dan Pantai Sri Mersing serta Pantai Bali Lestari.

Monitoring terhadap protokol kesehatan itu juga merupakan implementasi dari Perbup No.35 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.

Untuk itu diharapkan seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama mengedukasi dan mensosialisasikan pentingnya penerapan protokol kesehatan untuk mempersempit ruang penyebaran virus asal Wuhan itu.*

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020