Rektor Universitas Sumatera Utara Prof Dr Runtung Sitepu, SH memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh dan keluarga besar USU yang telah berperan penting dalam membangun perguruan tinggi negeri itu.

Penghargaan tersebut diberikan kepada keluarga Rektor USU Periode 1986-1994 Prof Dr M Jusuf Hanafiah,Sp OG (K), keluarga Rektor USU Periode 1995-2010 (Alm) Prof dr H Chairuddin P Lubis, DTM&H,Sp A (K),dan kepada Ketua Majelis Wali Amanat USU Drs H Panusunan Pasaribu,MM, pada Perayaan Dies Natalis ke-68 USU, di Medan, Senin (19/10).

Perayaan Dies Natalis yang dilakukan secara daring itu juga dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim, dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi yang turut memberikan sambutan dan motivasi bagi seluruh civitas akademika USU.

Baca juga: MWA sampaikan penghargaan kepada USU atas raihan Akreditasi A

Hadir memberikan orasi ilmiah Menteri Kesehatan Dr dr Terawan Agus Putranto, Sp Rad (K).Perayaan Dies Natalis ke-68 USU tahun 2020 mengambil tema "Merdeka Belajar -Kampus Merdeka Untuk SDM Unggul Menuju Indonesia Maju".

Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu,SH, dalam laporannya mengatakan semua jajaran di perguruan tinggi itu terus berihtiar dan mendukung upaya pemerintah dengan menjalankan tugas yang diamanahkan oleh bangsa dan negara dalam bidang pendidikan.

Salah satu dukungan USU terhadap kebijakan Pemerintah adalah dengan menerapkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

"Kampus Merdeka merupakan kebijakan baru Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang memberikan hak kepada mahasiswa terutama mahasiswa S1 nonkesehatan untuk mengambil mata kuliah atau kegiatan di luar prodinya, setara 20 SKS di luar prodi pada perguruan tinggi yang sama dan setara 40 SKS di luar pergurauan tinggi," ujarnya.

Rektor menjelaskan, kebijakan ini meliputi 8 kegiatan merdeka belajar yang mencakup magang/praktik kerja, proyek di desa, mengajar di sekolah,pertukaran pelajar/transfer kredita, penelitian/riset, kegiatan wirausaha, studi/proyek independen dan proyek kemanusian.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020