Hujan deras yang melanda kawasan Kota Binjai, mengakibatkan banjir dan meluapnya Sungai Bangkatan dan Sungai Mencirim, yang merendam ratusan rumah yang berada di sekitar bantaran kedua sungai.

Humas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Binjai Surya Wijaya, di Binjai, Rabu (30/9).

Dari data yang ada terdapat 846 kepala keluarga atau 3.456 jiwa di pada dua Kecamatan tujuh kelurahan yang terdampak pada banjir tersebut.

Baca juga: Tiga kecamatan di Binjai terendan banjir

Seperti Kecamatan Binjai Selatan yang terdampak di Kelurahan Rambung Barat sebanyak 200 kepala keluarga, Kelurahan Rambung Timur sebanyak 54 kepala keluarga, Kelurahan Rambung Dalam sebanyak 10 keluarga dan Kelurahan Binjai Estate sebanyak 30 kepala keluarga.

Sementara untuk Kecamatan Binjai Kota terdampak banjir di Kelurahan Setia sebanyak 500 kepala keluarga, Kelurahan Kartini sebanyak 50 kepala Keluarga dan Kelurahan Satria sebanyak tiga keluarga.

Pada pristiwa banjir kali ini tidak ada korban jiwa, Satgas BPBD Kota Binjai terus melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak ketempat yang lebih aman hingga pukul 08.20 WIB.

Selain itu juga mendirikan tenda posko sebagai dapur umum sementara dampak banjir dilokasi Kantor Lurah Rambung Barat, Satgas BPBD terus memantau dan Stanby di seputaran DAS hingga situasi aman dan terkendali di lokasi banjir.

Juga terus selalu update untuk melakukan pengecekan dan pendataan ke lapangan untuk menginventarisir kerusakan sarana prasarana.

Sementara itu Wali Kota Binjai Muhammad Idaham juga sudah melakukan peninjauan ke lapangan untuk melihat dari dekat kawasan yang dilanda banjir, penyelamatan warga juga dilalukan dengan mengerahkan perahu karet.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020