Kapolres Tapanuli Tengah AKBP Nicolas Dedy Arifianto bersama dengan Wakil Bupati Tapanuli Tengah, Darwin Sitompul meninjau lokasi Kampung "Paten Inspirasi' yang berada di Desa Sito-tio Hilir, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Rabu (23/9/2020).

Tujuan dari peninjauan itu untuk melihat langsung kesiapan dan fasilitas yang ada di desa tersebut.

Menurut penjelasan Pj Kepala Desa Sito-tio, Binanga Simatupang kepada Kapolres dan Wakil Bupati, bahwa desanya sangat layak untuk dijadikan Kampung Tangguh, karena memang masyarakat mudah untuk diarahkan dan diajak kerja sama. Selain itu juga kriteria yang sebagai Kampung Tangguh memenuhi di desanya.

Baca juga: Kapolres Tapteng sambut baik pelaksanaan swab massal personelnya

"Untuk ketahanan pangam di desa kami ini mencukupi, sedikitnya ada 15 hektare lahan persawahan yang saat ini sesang turun tanam. Demikian juga untuk budi daya ternak seperti sapi dan kambing, juga ada di desa kami ini. Bahkan untuk budi daya kepiting juga ada kita buat ditambah budi daya jagung. Artinya untuk mendukung ketahanan pangan dan ternak di masa pandemi dapat mencukupi," bebernya.

Untuk bidang kesehatan sambung Binanga, juga terkoordinasi dengan baik di desanya, khususnya dalam penerapan protokol COVID-19. Di mana masyarakat desa patuh menggunakan masker dan sarana prasarana untuk menunjang protokoler kesehatan sudah tersedia.

Baca juga: 52 personel Polres Tapteng diswab massal

Dan juga yang tidak kalah penting sebut Pj Kades, warganya sangat mudah untuk diarahkan gotong-royong termasuk menjaga keamanan melalui Siskambling.

Kapolres Tapteng, Nicolas Dedy menyambut baik kesiapan sarana dan prasarana yang ada di Desa Sito-tio. Karena makna dari Insipirasi itu sendiri adalah, Informasi, Sumber Daya Manusia, Psikologi, Inovasi Budaya, Rasa Aman, Sehat, dan Inisiatif Logistik.

"Semua kriteria itu harus terpenuhi di desa tersebut khususnya dalam masa pandemi COVID-19 ini. Jadi ada beberapa desa yang sedang disiapkan untuk menjadi Kampung Tangguh di Tapteng ini dan akan kita tinjau," ujar Kapolres.

Sementara itu Wakil Bupati Tapteng, Darwin Sitompul, menyambut baik dengan adanya Kampung Tangguh. Menurutnya hal itu menjadi motivasi bagi masyarakat khususnya dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Turut mendampingi Kapolres dalam peninjauan ini Kasat Binmas Polres Tapteng, Iptu Rensa Sipahutar, dan juga para penyuluh  pertanian Desa Sito-tio dan juga aparat desa setempat.

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020