Edison Damanik peserta dari DKI Jakarta juara turnamen catur non master Piala Jafaruddin Harahap yang digelar, Minggu (14/9)  di Halaman Kantor Desa Batang Kuis Pekan Deli Serdang. 

Turnamen catur sehari penuh yang sekaligus rangkaian dari kegiatan reses anggota DPRD Sumut, Jafaruddin Harahap itu diikuti 98 pecatur.  Beberapa diantaranya bahkan merupakan pecatur wanita. 

Baca juga: KONI: Haornas 2020 momentum kembali giatkan olah raga

Namun pada kegiatan itu tetap menerapkan sosial distancing, memakai masker, menjaga jarak dan disediakan tempat cuci tangan di beberapa lokasi. 

Jafaruddin Harahap sangat kagum dengan begitu banyaknya jumlah peserta yang mengikuti turnamen memperebutkan total hadiah Rp 4 juta plus piala itu. 

Pertandingan menggunakan sistem Swiss 6 babak, dan menyediakan hadiah mulai juara 1 hingga 15.

"Banyaknya peserta yang ikut sekaligus menunjukkan olahraga catur di Deli Serdang ini cukup diminati, " kata Politisi PPP ini. 

Apalagi beberapa peserta yang ikut juga merupakan pecatur yang telah dikenal  bahkan salah seorang di antaranya yakni Rudi Hartono merupakan atlet yang akan memperkuat Sumut pada PON 2021 di Papua. 

Sedangkan Edison Damanik sebelumnya juga berhasil menjuarai berbagai turnamen seperti Piala Kejari Medan. 

Jafaruddin yang juga anggota Komisi E DPRD Sumut berharap turnamen catur di Deli Serdang terus digelar berkesinambungan  agar terjaring para pecatur muda. 

"Saya bangga banyak anak- anak muda yang ikut kejuaraan ini, bahkan beberapa diantaranya merupakan pecatur wanita, " ucapnya. 

Ia berharap para peserta terus berlatih  apalagi pada Desember 2020 nanti akan digelar lagi turnamen yang sama. 

Berikut nama-nama para juara: 
1.Edison Damanik (6MP)
2.Akhiruddin (6MP)
3.Bambang (5MP)
4.Erzan Akbar(5MP)
5.Edy Raja P (5MP)
6.Rudi Hartono (5MP)
7.Sukardi (5MP)
8.Kamal, (4MP)
9.Paula Rosi (4MP)
10 Baga Sagala (4MP)
11.Zulpan Panggabean (4MP)
12.Zulkarnaen (4MP)
 13.Zulkifli (4MP)
 14.Arzani KhairuKhairul (4MP)
 15.Adnan,(4MP)

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020