Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) menyelenggarakan program pelatihan terpadu kepada pelaku usaha di kawasan pariwisata Danau Toba, Sumatera Utara, Rabu (25/8).

Kegiatan yang diadakan di Hotel Niagara, Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19, dibuka Menteri KUKM Teten Masduki.

Dalam sambutan, Teten menegaskan komitmen Pemerintah RI membantu tumbuh kembang usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam upaya percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional menuju new normal.

Kegiatan pelatihan seperti kali ini, satu dari banyak program yang dilaksanakan untuk membantu pelaku usaha mengembangkan kemampuan sumber daya manusianya.

Baca juga: Kapolres Simalungun pantau penerapan adaptasi kebiasaan baru di Parapat

Diharapkan pelatihan tersebut memberikan dampak positif terhadap perekonomian di kabupaten/kota kawasan dan penyangga destinasi wisata Danau Toba.

Deputi Pengembangan SDM Arif Rahman Hakim sebagai ketua panitia melaporkan, pelatihan terpadu peningkatan kapasitas dan kualitas SDM KUMKM bertema "KUMKM eksis dan mampu beradaptasi pada masa pandemik dan new normal COVID-19" berlangsung tiga hari, 25-27 Agustus 2020.

Baca juga: Yok.. jajal trekking di Wisata Ilmiah Aek Nauli Simalungun

Peserta sebanyak 540 orang yang berasal dari tiga kabupaten kawasan Danau Toba, Simalungun, Toba dan Samosir serta Pematangsiantar sebagai kota penyangga.

Harapan dari kegiatan, terwujudnya pemulihan ekonomi pada destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba melalui pemanfaatan potensi lokal.

Kegiatan di antaranya dihadiri perwakilan Gubernur Sumatera Utara, Bupati Simalungun JR Saragih diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Mixnon Andreas Simamora didampingi delapan pimpinan OPD, Wakil Wali Kota Pematangsiantar Togar Sitorus.

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020