Anggota DPRD Sumut daerah pemilihan V melakukan cek dan ricek kegiatan Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) tahun 2019 yang dikerjakan di Kabupaten Asahan.

Mewakili pimpinan DPRDSU Dapil V, Ebenejer Sitorus menjelaskan kunker bertujuan untuk mengetahui realisasi kegiatan Pemprovsu di Asahan.

"Kita ingin tahu sejauh mana kegiatan Pemprovsu di Asahan," ujar Ebenejer, Selasa (7/7/2020), di kantor Bupati Asahan.

Usai mendengarkan laporan dari Bupati H Surya BSc, Ebenejer meminta  Pemprovsu melakukan koordinasi dengan daerah. Hal ini dilakukan agar pemerintah daerah tidak melakukan kegiatan serupa atau tidak terjadi tumpang tindih anggaran.

Selain itu, Ebenezer yang merupakan politisi Hanura merasa sungkan kepada Asahan dan daerah lainnya, karena APBD Sumut terus menurun sehingga pembangunan di daerah mengalami sedikit pembangunan. "Kami akan perjuangkan untuk tahun depan," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Asahan, H Surya BSc berharap pihaknya tetap bisa melakukan koordinasi dengan baik kepada Pemprovsu. Apalagi visi dan misi Pemkab Asahan mengadopsi program provinsi.

"Kordinasi sangat penting, agar  bantuan tepat sasaran. Contohnya bantuan bibit ikan jurung. Ikan jurung seharusnya ditabur di aliran sungai deras," ungkap Bupati.

Bupati juga menjelaskan pihaknya tetap melakukan koordinasi terkait pembangunan. Misalnya Musrenbang, Pemkab tetap membawa pokok pikiran ke provinsi dan pusat. 

Di hadapan anggota DPRD, Bupati melakukan ekspose kegiatan Pemprovsu di Asahan. Mulai dari dana nagi hasil, kegiatan Dinas kelautan dan perikanan, dinas ketahanan pangan dan peternakan, Dinas perkebunan, Dinas perumahan dan kawasan permukiman, Dinas bina marga dan bina konstruksi, dinas koperasi, lingkungan hidup.

Kunker anggota DPRD Provinsi Sumut dapil V juga diikuti oleh Sri Kumala, Armyn Simatupang, Santoso, Teyza Cimira Tisya, Mahyaruddin Salim, Ahmad Hadian, mereka juga mempertanyakan jumlah bantuaan. Selain Asahan hadir juga pihak Pemkab Batubara memberikan laporan.

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020