PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) selama Januari-Mei 2020 sudah menyalurkan dana program kemitraan untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebesar Rp2,4 miliar.

"Pelindo berkomitmen membantu UMKM termasuk saat pandemi COVID-19," ujar Vice President Public Relations Pelindo I Fiona Sari Utami di Medan, Sabtu (27/6).

Menurut dia, pada 2019, total dana program kemitraan yang disalurkan kepada UMKM mencapai Rp17,1 miliar. Dana kemitraan itu disalurkan kepada UMKM di berbagai sektor. seperti perdagangan, jasa, industri, pertanian, perikanan, peternakan dan perkebunan.

Baca juga: Ini dia susunan Direksi Pelindo I yang baru

Untuk keberlangsungan usaha mitra binaan di masa pandemi COVID-19, Pelindo I bekerja sama dengan UMKM dalam penyediaan barang-barang bantuan sosial di empat provinsi yang menjadi wilayah operasional perusahaan BUMN itu seperti masker, 'hand sanitizer', alat pelindung diri (APD) dan sembako.

Selain itu, untuk memperkuat kompetensi pelaku UMKM, Pelindo I memberikan pelatihan-pelatihan kepada UMKM untuk meningkatkan "branding" dan pemasaran hasil UMKM baik secara ofline maupun online.

Baca juga: Edukasi "New Normal", Pelindo 1 hadir di pinggiran Sungai Deli

Vice President Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Pelindo I Fatimah Zuhra menyebutkan Pelindo I masih terus meningkatkan mitra UMKM-nya. Pelindo, siap menerima UMKM untuk dibina dengan memenuhi beberapa persyaratan seperti memiliki usaha yang telah berjalan minimal enam bulan.

Nilai pinjaman permodalan yang bisa diperoleh calon mitra binaan maksimal Rp200 juta dengan jangka waktu pinjaman paling lama tiga tahun.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020