Masyarakat Kota Sibolga,  menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial RI sebesar Rp3.279.600.000. Jumlah itu sesuai dengan data  Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ada di Sibolga sebanyak 5.466 keluarga dengan besaran bantuan Rp600.000 rupiah per keluarga.

Proses penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) ini dilangsungkan siang tadi di Kantor Pos Sibolga tepatnya di Jalan FL Tobing, nomor 40, Sibolga, yang penyerahannya diawali oleh Wali Kota Sibolga, Syarfi Hutauruk kepada Keluarga Penerima Manfaat secara simbolis.

Menurut Wali Kota, bahwa BST itu diberikan bagi masyarakat yang belum mendapatkan bantuan sosial dalam bentuk sembako dari Pemkot Sibolga, juga bukan penerima PKH.

Baca juga: Warga dihebohkan munculnya 2 pesawat F-16 di langit Tapteng

Baca juga: Hasil PCR PDP asal Sibolga yang meninggal di Medan negatif COVID-19

“Jika masih ada masyarakat yang layak dibantu namun belum dapat bantuan, kami siap mengupayakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu). Artinya, semua masyarakat Sibolga yang memang benar-benar layak mendapatkan bantuan, pasti akan mendapatkan bantuan,” tegas Syarfi.

Disebutkannya, pemerintah tentu tidak menginginkan masyarakatnya sengsara. Dan berbagai upaya sudah dilakukan termasuk anggaran pembangunan hampir 50% sudah dipotong dan dialihkan untuk membeli alat kesehatan, membuat ruang isolasi, serta penyaluran bantuan sosial untuk masyarakat.

Untuk itulah ia mengingatkan masyarakat penerima BST, untuk tetap mengikuti protokol pencegahan penyebaran COVID-19 dalam aktivitas sehari-hari. Pakailah masker, rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak.

"Itu agar berbagai usaha yang dilakukan Gugus Tugas, mulai sosialisasi, penyemprotan disinfektan di berbagai tempat dan fasilitas umum tidak sia-sia,” pintanya seraya mengajak masyarakat agar selalu berdoa supaya corona segera hilang, dan tidak ada kegaduhan di Kota Sibolga.

Turut hadir mendampingi Wali Kota pada kegiatan ini, Wakil Wali Kota Edi Polo Sitanggang, Kajari Sibolga Henri Nainggolan, Kapolres Sibolga AKBP Triyadi, Dandim 0211/TT Letkol Inf Dadang Alex, Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Andris Benhard Marimbun Simaremare, Sekda M. Yusuf Batubara, Kadis Kominfo Kota Sibolga Binner Lumban Gaol, dan Kadis Dinas Sosial Bustanul Arifin.

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020