Bupati Langkat Terbit Rencana Peranginangin menyampaikan sensus penduduk 2020 menuju satu data kependudukan secara serantak akan segera dilaksanakan diseluruh wilayah Indonesia, termasuk di daerah itu.

Hal itu disampaikannya saat menerima Kepala BPS Langkat Tuti Hidayati, bersama Kadis Kominfo Langkat Syahmadi dan Plt Kadis Dukcapil Langkat Amansyah, di kediaman pribadinya Desa Raja Tengah Kecamatan Kuala.

Terbit menyampaikan pihaknya mendukung sepenuhnya pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 yang akan dilaksanakan oleh BPS Langkat beserta Diskominfo dan Disdukcapil dan intansi terkait lainnya, yang dimulai pada 15 Februari sampai 31 Maret 2020 secara online dan 1 Juli sampai 31 Juli 2020 secara wawancara langsung (metode tradisional).

Baca juga: Polisi Langkat tangkap pengedar sabu-sabu Hinai dan Gebang

Bupati juga menghimbau kepada seluruh penduduk Kabupaten Langkat khususnya para ASN, untuk berpartisipasi langsung pada Sensus Penduduk Online dengan mengisi data yang sebenarnya melalui alamat link sensus.bps.go.id.

“Pastikan kita semua tercatat, mari sukseskan Sensus Penduduk 2020, mencatat Indonesia,” katanya.

Kepala BPS Tuti Hidayati menjelaskan bahwa kelancaran program ini sangat membutuhkan dukungan dan komitmen kepala daerah, karena  program ini melibatkan sejumlah instansi pemerintahan atau lintas sectoral antara BPS dan Pemkab Langkat khususnya dengan Diskominfo dan Disdukcapil.

Jadi, dirinya sangat mengucapkan terima kasih banyak atas dukungan dan saran yang diberikan.

Syahmadi menjelaskan masyarakat bisa mendaftarkan diri dengan cara mengisi  Sensus Pendudukan Online (SPO), dengan membuka aplikasi browser internet pada perangkat Smart Phone, laptop atau komputer.

Lalu klik laman resmi (website) sensus.bps.go.id,  setelahnya isi keterangan kependudukan dan perumahan yang ditanyakan secara lengkap.

Kemudian unduh bukti telah berpartrisipasi pada SPO pada tampilan halaman terakhir. Plt Kadis Dukcapil Amansyah menegaskan, pihaknya juga akan akan siap sedia bekerjasama dengan BPS menuju satu data kependudukan.

Ia juga menerangkan, sensus ini  dilaksanakan dengan bekerjasama dengan Disdukcapil, agar data de facto yakni data berdasarkan tempat tinggal dan data de jure yakni data berdasarkan administrasi, semuanya tersedia. Sehingga tidak adalagi polemik terkait data kependudukan diantara masyarakat maupun instansi terkait.  

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020