Pememerintah Kota Tanjungbalai berharap Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) menjadi pelopor pengentasan pemukiman kumuh di setiap Kelurahan di daerah setempat.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Tanjungbalai, H.M Syahrial usai melantik pengurus Forum Komunikasi-Badan Keswadayaan Masyarakat (FK-BKM) Kota Tanjungbalai, Selasa  (21/1) malam di Grand Singgie Hotel kota itu.

Ia mengatakan penyelenggaraan program Kota tanpa kumuh (Kotaku) adalah implementasi percepatan penanganan kumuh dengan peningkatan kualitas, pengelolaan serta pencegahan timbulnya permukiman kumuh baru.

Baca juga: Tujuh kapal nelayan Tanjung Balai ditangkap Polda Riau

Tujuan program Kotaku untuk menurunkan luas permukiman kumuh, mewujudkan kolaborasi penanganan permukiman kumuh dari berbagai stakeholder dan menyediakan infrastruktur permukiman.

"Sebagai perpanjangan tangan pemerintah, BKM selaku pelaksana kegiatan Kotaku meliputi pembangunan infrastruktur serta pendampingan sosial dan ekonomi diharapkan menjadi pelopor pengentasan kawasan permukiman kumuh di Tanjungbalai," uja H.M Syahrial.

Baca juga: Pemkot Tanjungbalai tegaskan PT Halindo belum miliki Izin Lingkungan

Pengurus BKM juga diimbau harus kompak, sebab berbuat baik pasti ada yang pro dan kontra. Jangan ada yang macam-macam, kerja yang baik untuk meberikan yang terbaik kepada masyarakat.

"Dengan adanya FK-BKM ini, kedepannya program untuk mengentaskan pemukiman kumuh di Tanjungbalai bisa maksimal dan terealisasi dengan baik sesuai keinginan pemerintah," ujar Wali Kota.

Ketua DPRD Tanjungbalai, Tengku Eswin, menyambut baik terbentuknya FK-BKM dan berharap para pengurus BKM amanah dalam tugas dengan kesempatan membantu pemerintah menyelesaikan masalah sosial dan pengentasan pemukiman kumuh.

Baca juga: Polres Tanjungbalai tahan dua tersangka korupsi pengadaan mesin sampah

Ketua FK-BKM terpilih, Erwin Sirait menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluh BKM Kelurahan se Kota Tanjungbalai yang memberi kepercayaan terhadapnya.

"Mari kita bersatu dan dengan komitmen menyukseskan program Kotaku di Tanjungbalai. Eratkan silaturahmi dan tingkatkan soliditas diantara kita sesama BKM," ujar Erwin Sirait.

Sesuai Surat Keputusan FK-BKM Kota Tanjungbalai Nomor 05/A/12/2020 tentang Pengesahan Pengurus Forum Kota BKM Kota Tanjungbalai Periode 2020-2023 yakni Ketua, Erwin Sirait, Wakil-wakil Ketua, Solahuddin, Raja Ahkyar, Rahmadi, Nazri, Juli Ramadhan dan Junaidi

Sekretaris, Abdul Jalil Siahaan, Wakil Sekretaris Suaib. Bendahara, Dedi Armansyah dan Wakil Bendara, Raja Diana Nur. FK-BKM ini juga dilengkapi Ketua-ketua Pokja (Kelompok Kerja).

 

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020