Bupati Deliserdang Ashari Tambunan bersama Dandim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) LVRI ke 63 tahun 2020 yang berlangsung di aula kantor LVRI Lubuk Pakam kabupaten Deliserdang, Kamis.

Dalam kesempatan itu Bupati Deliserdang Ashari Tambunan mengatakan peringatan hari veteran dimaknai sebagai momentum kemenangan para pejuang kemerdekaan yang bersama-sama dengan rakyat berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

"Melihat begitu besarnya peran vetran dalam perjalanan sejarah perjuangan bangsa Indonesia, maka sudah sepantasnyalah kita memberikan penghargaan kepada para syuhada kita ini yang telah menyumbangkan tenaganya secara aktif atas dasar suka rela membela dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.

Oleh karena itu peringatan hari ulang tahun Legiun Veteran Republik Indonesia ke 63 ini kita maknai bukanlah sekedar bernostalgia akan tetapi lebih dari itu ini adalah kesempatan untuk merenung ulang kembali atas segala perjuangan dan pengorbanan yang telah kita sumbangsihkan melalui keringat Air Mata Darah dan Doa bagi kebebasan kemerdekaan kedaulatan yang saat ini kita nikmati.

Baca juga: Deliserdang gelar apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana

"Semoga ini dijadikan inspirasi bagi kita khususnya para generasi penerus perjuangan yang telah mereka sumbangsihkan. Selamat ulang tahun Legiun Veteran Republik Indonesia Kabupaten Deli Serdang ke-63, semoga orang tua kami para Veteran tetap semangat dan sehat selalu," tambahnya.

Sementara itu, Dandim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin merasa bersyukur menjadi Dandim di Deliserdang dan mengucapkan terimakasih kepada Bupati Deliserdang dan jajarannya yang selalu hadir dalam acara syukuran HUT LVRI ini.

Saya ucapkan terima kasih kepada para Veteran yang telah berjuang untuk NKRI dan semoga para pemuda sebagai generasi penerus dapat meneruskan perjuangan dan mempunyai semangat nasionalisme yang berperan aktif dalam membangun nasionalisme," tegasnya.

Untuk diketahui, legiun veteran berdiri pada tanggal 1 Januari 1957 merupakan organisasi yang menghimpun para veteran Republik Indonesia sesuai dengan Undang-Undang No. 15 Tahun 2012.

Negara perlu memberikan penghargaan kepada mereka yang telah menyumbangkan tenaganya secara aktif atas dasar sukarela dalam ikatan kesatuan bersenjata baik resmi maupun kelaskaran dalam memperjuangkan, membela dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta mereka yang tergabung aktif dalam penugasan dibawah bendera Perserikatan Bangsa-Bangsa. 

Menurut UU No. 15/2012, pasal 18 ayat 3, semua Veteran Republik Indonesia secara otomastis menjadi anggota Legiun Veteran Republik Indonesia, yang merupakan satu-satunya organisasi massa Veteran di Indonesia.
 

Pewarta: Septianda Perdana

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020