Kepolisian Resor Tapanuli Selatan menggelar lomba hafidz Al-Quran untuk lebih menanamkan nilai-nilai keagamaan yang islami khususnya bagi pemuda.

"Selain itu sebagai langkah institusi Polri untuk mencetak regenari Polri yang cerdas dan qur'ani kedepan," kata Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Irwa Zaini Adib.

Kapolres menyampiakan itu melalui Wakapolres Tapanuli Selatan Kompol Jumanto saat membuka lomba hafidz al-quran dilaksanakan mulai Senin hingga Selasa (30-31/12/2019) di lapangan futsal wira satya Mapolres Tapanuli Selatan.

"Lomba ini juga bukan hanya mengejar prestasi dan ajang silaturrahmi namun lebih dari itu untuk merangsang peserta lomba (pemuda) masuk menjadi anggota kepolisian," tambahnya.

Dihadapan yang hadir unsur Forkopimda, Danyon C Sat Brimobdasu, Pimpinan DPRD, MUI, FKUB, kemahasiswaan dari Tapanuli Selatan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Polres Kota Padangsidimpuan, Jumanto menyatakan kegiatan ini juga merupakan upaya pembinaan yang berkelanjutan bagi penghapal al-quran.

Kabag Sumda Polres Tapanuli Selatan AKP Huayan Harahap selaku panitia mengatakan total jumlah peserta lomba hafidz al-quran ini sebanyak 215 orang yang dibagi tiga kategori lomba.

Yaitu kategori hafidz al-quran lima juz berjumlah 109 peserta (terdiri 48 putra dan 61 puteri), kategori 10 juz berjumlah 69 peserta (terdiri 35 putera dan 34 puteri), dan kategori 15 juz sebanyak 37 peserta (24 putra dan 13 puteri).

Bagi para pemenang hasil keputusan para dewan dewan juri nantinya akan mendapatkan tropy Kapolres plus piagam dan uang pembinaan. Khusus juara satu, dua, dan tiga masing-masing kategori mendapat doorprize yang hadiahnya paket ibadah umroh.

Venue untuk lomba 5 juz putera di Aula Pratidinia untuk Puteri Lapangan Futsal, sedang venue 10 juz untuk putera dan puteri ruang vidcon, dan venue 15 juz putera puteri Masjid Al-Muqorrobin Mapolres Tapanuli Selatan. 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019