Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Martuani Sormin beserta rombongan meninjau pelabuhan Feri Ambarita Desa Ambarita, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumut, untuk melakukan pengecekan kesiapan Pos pelayanan, Sabtu.

Dalam kegiatan tersebut Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin memberikan arahan kepada petugas Pos pelayanan untuk melakukan pengawasan secara maksimal terhadap kapal yang akan berangkat dari Pelabuhan Ambarita menuju Pelabuhn Ajibata.

Selanjutnya, Kapolda Sumut berangkat menuju Pelabuhan Tiga Ras Kabupaten Simalungun dengan menggunakan Kapal Pol Air Polres Samosir untuk melakukan pengecekan kesiapan Pos Pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Baca juga: Kapolda minta Bupati Samosir awasi penumpang kapal di Danau Toba

Selain itu, Kapolda Sumut juga menegaskan kepada Bupati Samosir dan Kepala Dinas Perhubungan agar lebih maksimal melakukan pengawasan terhadap muatan dan penumpang untuk tidak overload.

"Tidak terulang kembali kejadian kapal KM Sinar Bangun yang tenggelam pada tahun lalu," kata Martuani, dalam pertemuannya dengan Bupati Samosir, Ketua DPRD, SKPD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Pemuda, di Samosir.

Kunjungan kerja Kapolda Sumut ke Samosir itu, dalam rangka pengecekan kesiapan Pos Pengamanan Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020 di wilayah hukum Polres Samosir.

Dalam kesempatan itu, Kapolda juga memberikan pengarahan kepada Kapolres Samosir AKBP Muhammad Saleh agar mengawasi setiap penyeberangan kapal penumpang di wilayah hukum Polres Samosir.

Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin disambut dengan tarian Khas Batak Toba yang dibawakan Sanggar Tari Angel Lean dan pengalungan bunga oleh Bupati Samosir Rapidin Simbolon, didampingi Kapolres Samosir AKBP Muhammad Saleh, serta SKPD Pemkab Samosir.

Selanjutnya Ketua FKTM Kabupaten Samosir Obin Naibaho beserta para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama menyematkan seperangkat pakaian adat Batak Toba diiringi dengan musik Khas Batak.

Dalam kunjungan kerja Kapolda Sumut juga didampingi Waka Polda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, Karo Ops Polda Sumut Kombes Pol Makmur Ginting, Dir Intelkam Polda Sumut Kombes Pol Ruslan Efendi, Dir Polairud Polda Sumut Kombes Pol Huttor M R Sihombing, Kabid Propam Polda Sumut Kombes Pol Yofie Girianto, Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu, dan Kapolres Samosir AKBP Muhamad Saleh.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019