Ketua TP.PKK Tapanuli Selatan Syaufia Lina Syahrul M. Pasaribu dinobatkan sebagai "Gender Champion" oleh Dinas PP dan PA setempat.

Penobatan Gender Champion kepada Syaufia pada saat memperingati Hari Ibu ke-91 tahun 2019 tingkat kabupaten di aula Sarasi II Kantor Bupati Tapanuli Selatan, di Sipirok, Selasa (17/12).

Dasar penobatan Gender Champion karena PKK di bawah binaan Syaufia dinilai berhasil hingga tingkat kecamatan desa/kelurahan hingga segudang prestasi sampai tingkat provinsi.

Usai dinobatkan sebagai Gender Champion, Syaufia mengatakan bahwa penghargaan yang ia terima itu untuk didedikasikan kepada seluruh perempuan hebat di Tapanuli Selatan.

"Kita semua Gender Champion di keluarga masing-masing, oleh sebab itu mari terus kita dukung pembangunan Tapanuli Selatan agar lebih maju baik lagi dari sekarang," ujarnya di hadapan yang hadir.

Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M. Pasaribu selain hadir juga menyampaikan amanat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP dan PA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Menteri Bintang dalam amanatnya mengatakan bahwa peringatan hari ibu setiap tahun untuk mengingatkan masyarakat Indonesia terutama generasi muda akan arti dan makna sebuah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerakan perjuangan kaum perempuan.

"Perempuan Indonesia masa kini ialah perempuan yang harus sadar bahwa mereka mempunyai akses dan memiliki kesempatan yang sama dengan laki - laki. Baik pada akses ekonomi, politik, sosial dan yang lainnya," sebut Menteri.

Bupati juga menyinggung konsentrasi pembangunan negara lima tahun ke depan sejak 1 Januari 2020 selain infrastruktur, kesehatan (pengurangan stunting), dan pendidikan dalam rangka peningkatan SDM.

Acara ini dihadiri Sekda Parulian Nasution, anggota DPRD Sumut Samsul Qamar, pimpinan OPD, Camat, BNN, MUI, unsur PKK serta pejabat jajaran Pemkab Tapanuli Selatan lainnya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019