Tokopedia memperhitungkan selama 2019 telah memberi kontribusi sebesar Rp10,861 triliun terhadap Gross Domestics Product (GDP) Sumatera Utara dibanding Rp2,795 triliun pada 2018.

"Kontribusi Tokopedia itu merupakan hasil riset Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia," ujar External Communication Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya di Medan, Kamis.

Kontribusi itu diyakini bertambah besar ke depannya melihat jumlah reseller dan konsumen yang meningkat pesat di Sumut.

"Kalau secara nasional, Gross Merchandise Valie (GMV) Tokopedia menembus angka Rp73 triliun di 2018 dan bisa menjadi Rp222 triliun di 2019," katanya yang didampingi City Manager Tokopedia RGX Medan, Wiwid Syahdiyah.

Jumlah itu setara 1,5 persen dari perekonomian Indonesia.

"Tokopedia terus berkomitmen menggerakkan perekonomian dalam negeri mulai dari menciptakan lapangan kerja, menciptakan peluang usaha dan lainnya," ujar Ekhel Chandra Wijaya.

Berdasarkan hasil riset, di Sumut Tokopedia menciptakan 21.746 lapangan pekerjaan.

Dia menjelaskan, Tokopedia sudah hadir di 10 daerah Indonesia. "Ke depan, Tokopedia berkomitmen untuk terus berakselerasi dalam melakukan pemerataan ekonomi digital Indonesia," katanya.

Tokopedia berharap melalui mitra Tokopedia,  warung-warung di Indonesia dapat menjadi 'warung super' dan ikut berkontribusi terhadap ekonomi digital di Indonesia.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019