Kontingen Sumatera Utara sukses menambah satu medali emas dan empat perunggu pada Pekan Olahraha Pelajar Nasional (Popnas) 2019, Jumat (22/11).

Satu medali emas didapat dari cabang olahraga panahan melalui M Hafizh Rayhan usai menaklukkan atlet Jambi Taufik Hanan di final dengan skor 6-4.

Sementara empat perunggu didapat dari cabor bulutangkis nomor ganda campuran dan ganda putra, atletik di nomor lari 2000 m SC atas nama Bagas Pandapotan, dan Judo di nomor -48 kg perorangan putri atas nama atas nama Enjeline.

Dengan tambahan satu emas dan empat perunggu ini, Sumut berada di posisi ketujuh. Sumut sejauh ini total mengoleksi tujuh emas, tiga perak, dan sembilan perunggu.

Kadisporasu H Baharuddin Siagian didampingi Sekdispora Rudi Rinaldi mengapresiasi prestasi para atlet panahan Sumut. Diakui, perolehan medali dengan 7 emas hingga hari keenam telah melampaui Popnas 2017 di Jateng, yang menempati peringkat 11, dengan empat emas. 

"Peraihan hingga hari keenam cukup bagus. Harapan kita bisa dipertahankan, bahkan jika mungkin ditingkatkan, kita mohon doanya dari semua terutama masyarakat Sumut," kata Baharuddin Siagian.

Sementara itu, menanggapi keberhasilan panahan, seusai didaulat melakukan pengalungan medali, Baharuddin mengaku surprise dengan prestasi panahan.

Hal ini hendaknya menjadi dasar agar pembinaan olahraga terukur bisa lebih diprioritaskan ke depannya. Sedangkan olahraga tidak terukur, menurutnya tetap diperhatikan.

"Hanya berdasarkan pengalaman olahraga tak terukur ini, banyak kali indikasi "main-mainnya", dan hal ini bisa jadi masalah bagi kita nantinya," tambahnya.

Sekdisporasu Rudi Rinaldi yang juga Wakil Ketua Umum Pengprov Perpani Sumut ini ikut gembira. Sebab menurutnya, emas ini membuktikan panahan memang bisa berprestasi, buktinya selain emas Popnas, Muhammad Hafizh Rayhan, juga lolos PON Papua.

Emas Sumut, diprediksi masih bisa bertambah, pencak silat, judo masih bertanding. "Masih ada peluang, termasuk tambahan emas," kata Rudi lagi.

Sumut kembali turun dalam nomor beregu putra hari, termasuk M Hafizh Rayham yang akan menjadi pulang punggung. "Pemanah Sumut sudah cukup pengalaman dan kemarin jadi andalan kita di Pra PON," ungkap Rahmad.

 

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019