Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2019 yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Madina) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2PA) berlangsung meriah.

Acara yang dilaksanakan di gedung Serbaguna Desa Parbangunan Aek Godang Kecamatan Panyabungan, Kamis (21/11) ini turut juga dihadiri Bupati Madina, Drs Dahlan Hasan Nasution, Bunda PAUD, Ny Ika Desika Dahlan Hasan, Asisten 1, Alamulhaq Daulay, Asisten III, Sahnan Batubara, Kepala Dinas P2PA Madina, Donna Dameria, Forkopimda, Ibu persit, Ibu Adhiyaksa, Ibu Dharma Yukti Karini, DWP.

Peringatan HAN 2019 yang mengangkat tema "Kita Anak Indonesia, Kita Gembira" ini juga diikuti seluruh perwakilan PAUD dan TK se-Kabupaten Madina.

Kepala Dinas P2PA Madina, Donna Dameria Hasibuan dalam laporannya menyampaikan, acara HAN 2019 dilaksanakan dengan tujuan untuk menumbuhkan kepedulian, kesadaran dan peran aktif setiap individu, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media dan pemerintah dalam menciptakan lingkungan yang berkualitas untuk anak.

Serta memberikan perhatian dan informasi yang seluas-luasnya kepada seluruh anak dan keluarga tentang pentingnya membangun karakter anak melalui peningkatan pengasuhan keluarga guna mempercepat penanaman nilai-nilai kebangsaan.

"Kita juga mendorong layak anak dengan melibatkan masyarakat secara terpadu dalam perlindungan anak, termasuk organisasi kemasyarakatan, LSM dan dunia usaha. Sekaligus memastikan semua anak Indonesia bersuka cita, bahagia dan aman," ujarnya.

Dalam rangka memeriahkan HAN ini, Dinas P2PA Madina juga melaksankan berbagai perlombaan seperti lomba mewarnai dengan peserta siswa/i PAUD, lomba melukis dengan peserta siswa/i SD, lomba orasi Narkoba, lomba pidato dari forum anak Kecamatan, penampilan seni tari dari anggota Forum Anak Kabupaten Madina, seni tari anak-anak PAUD dan TK serta seni sanggar tari pelangi Nusantara

Bunda PAUD Madina, Ny Ika Desika Dahlan Hasan dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan selamat Hari Anak Nasional kepada seluruh anak-anak di Indonesia khususnya Kabupaten Madina.

Pada kesempatan itu dia juga mengucapkan terima kasihnya kepada para guru dan semua pihak yang selama ini memberikan kasih sayang dan bimbingan kepada anak-anak.

"Di hari yang istimewa ini, kami para orang tua mendoakan semoga anak-anak kita tumbuh menjadi anak yang bertaqwa dan berbudi pekerti yang luhur, cerdas, dan berpengetahuan tinggi, sehat jasmani dan rohani, sayang dan patuh terhadap orang tua, guru dan mencintai lingkungannya" ujarnya.

Sementara itu, Bupati Madina, Drs Dahlan Hasan Nasution, dalam pidatonya menyampaikan, perlunya peran serta seluruh elemen dan masyarakat agar anak-anak Indonesia bisa mendapatkan apa yang menjadi haknya, baik itu kasih sayang, perhatian serta pendidikan.

Dalam acara tersebut, Bupati juga menyerahkan bantuan secara simbolis satu unit sepeda motor dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Madina.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019