Bupati Asahan diminta untuk mengelola anggaran dokumen Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2020 dan  dana alokasi tranfer digunakan untuk rakyat dan harus tepat sasaran.

Permintaan tersebut disampaikan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi kepada seluruh kepala daerah di Sumut, termasuk Bupati Asahan, H Surya Bsc, di Aula Raja Inal Kantor Gubenur Sumatera Utara, Selasa (19/11)

Edy juga meminta dokumen dikerjakan  secara berjenjang   oleh  petugas  lapangan  yang  kompeten  serta  hindari   praktek mark-up  atau  korupsi " Jangan main main   dengan  anggaran , lakukan pengawasan  dan evaluasi, agar   pelaksanaan   pembangunan   di Sumut   bisa  berjalan sesuai  yang direncanakan, " pesan Edy.
 
Menurut   Edy ,   Meskipun dirinya   berkeinginan melakukan banyak hal untuk pembangunan di Sumut, namun banyak yang pelaksanaannya ada di Kabupaten dan Kota, sehingga   penting  dilakukan  koordinasi dengan Provinsi , bahkan bila perlu   dilakukan   tatap muka  dan diskusi    secara intensif  guna   membahas    berbagai hal yang diperlukan  dalam  mewujudkan Sumut yang sejahtera dan bermartabat 

"Mari kita bangun Sumatera Utara ini agar lebih maju, sejahtera dan bermartabat, maka itu pastikan anggaran dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk pembangunan,” ujar Gubsu , sembari mengajak seluruh instansi di Sumut bersama sama bekerja untuk mensejahterkan rakyat.

Dia juga menyambut baik pesan yang disampaikan Presiden Jokowi, agar para pejabat negara di pusat dan daerah segera membelanjakan anggaran tersebut. Menurutnya, hal itu memang harus dilakukan agar anggaran yang tersedia dapat terserap dengan baik untuk pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Tentu kita akan melaksanakan pesan Presiden tersebut dengan sebaik-baiknya, untuk mempercepat pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya .

Sementara itu, Bupati Asahan, H Surya BSc menyatakan anggaran tersebut akan dikawal terus untuk pembangunan di Asahan, agar pembangunan di Asahan bisa cepat terlaksanakan.

”Tentunya kami juga minta kerjaan sama semua elemen masyarakat dan instansi untuk bersama sama melaksanakan pembangunan di Asahan,” ucap Surya

Kegiatan tersebut dirangkai dengan penyerahan secara simbolis  DIPA 2020 untuk instansi vertikal, Kementerian Lembaga dan Pemerintah Kabupaten/Kota dan penyerahan daftar  Dana  Alokasi Transfer daerah tahun 2020 kepada seluruh  pemerintah daerah Dan Satuan Kerja Kementerian Lembaga   yang ada di  Sumut.

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019