Qasidah Asahan akan terus dipertahankan sebagai warisan budaya tak benda (WBTB) oleh Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Pendidikan. Komitmen tersebut ditunjukkan dengan digelarnya ajang festival yang diikuti oleh puluhan pelajar.

“Qasidah Asahan adalah salah satu kearifan lokal kita yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional sebagai WBTB dari Kabupaten Asahan tahun 2019,” kata Kepala Dinas Pendidikan Asahan, Drs Sofyan saat membuka kegiatan tersebut, Selasa (12/11). 

Sofyan menyebutkan upaya Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan melalui program pengembangan nilai budaya lewat pergelaran festival yang diikuti oleh puluhan pelajar adalah salah satu bentuk komitmen untuk mempertahankan WBTB Qasidah Asahan.

“Agar para pelajar ini mengerti dan semakin mencintai kesenian tradisional Qasidah Asahan. Generasi muda kita menjadi terbiasa dan semangat mencintai budaya dengan fasilitas pemerintah Kabupaten Asahan dalam bentuk festival yang dilombakan seperti ini,” ujarnya.

Puluhan pelajar tingkat MTs/SLTP, MA/SLTA baik negeri maupun swasta di Asahan mengikuti festival yang terlaksana di halaman Gedung Juang 45 Asahan. Acara itu dibuka langsung oleh Kadis Pendidikan. 
 

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019