Ratusan rumah di Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat terendam banjir akibat curah hujan yang tinggi sehingga Sungai Tembo dan Sungai Begumit akhirnya meluap.

Kepala Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Langkat Irwan Sahri, di Stabat, Kamis (31/10), menyebutkan bencana banjir tersebut terjadi pada Rabu (30/10) malam.

Hujan deras yang terjadi dari pukul 17.00 sampai 22. 00 WIB, menyebabkan Sungai Tembo dan Sungai Begumit meluap sehingga menggenangi pemukiman warga dan fasilitas umum serta fasilitas pendidikan.

Adapun pemukiman yang terdampak di Kelurahan Bela Rakyat Lingkungan 4 RT 03 berjumlah 30 rumah dan RT 05 berjumlah 80 rumah, tempat ibadah, masjid satu unit dan musolla satu unit.

Selain itu Kelurahan Pekan Kuala Lingkungan 4 berjumlah 100 rumah, lingkungan 5 berjumlah 10 rumah, lingkungan 6 berjumlah 50 rumah dan fasilitas pendidikan di antaranya Sekolah Dasar Negeri (SDN) berjumlah dua unit, SMP berjumlah satu unit, Puskemas satu unit dan Pajak Beringin Kuala.

Ketinggian air di dua kelurahan tersebut berkisar 50-100 centimeter dan tidak ada korban jiwa.

Adapun letak geografis Kecamatan Kuala berada 35 meter di atas permukaan laut, sehingga air yang tergenang cepat surut.

Berdasarkan pantauan langsung di lapangan, pukul 04.00 WIB, air sudah surut dan hanya menggenangi rumah warga yang terletak di daerah rendah, sementara permukaan air sungai sudah turun berkisar 50 centimeter dari tepi sungai.
 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019