Pemerintah Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, terus memotivasi para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di daerah itu agar terus berinovasi sehingga usahanya berkembang.

Wakil Bupati Deliserdang HMA Yusuf Siregar di Lubuk Pakam, Rabu, mengatakan, ditengah persaingan pasar global yang semakin ketat, mengharuskan semua pihak untuk terus meningkatkan daya saing.

"Termasuk pelaku UMKM melalui produk yang ditawarkan dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk menunjukkan kualitas produk yang inovatif khususnya di tengah-tengah masyarakat, " katanya terkait digelarnya Galang UKM 2019 yang dipusatkan di Aula Cadika Deliserdang.

Seiring dengan hal tersebut, lanjut dia, juga dituntut untuk terus membangun profesionalisme, guna mengoptimalkan potensi yang ada, sekaligus memenangkan persaingan di kancah global saat ini.

Karena ketangguhan dalam hal kualitas, kuantitas dan kontinuitas dalam menghasilkan produk merupakan kekuatan bagi pelaku usaha untuk dapat mengoptimalkan kreativitasnya.

Sehingga produk tersebut mampu bersaing dengan produk luar, terutama dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Sementara terkait digelarnya Galang UKM 2019, ia mengatakan, acara tersebut sangat relevan untuk mendorong kemajuan UMKM karena dikemas dalam beberapa modul program yang terdiri dari penghargaan dan seminar usaha kecil menengah.

Disamping itu juga menjadi sumber inspirasi dan memberi manfaat nyata bagi para pelaku UMKM dalam upaya memperkuat dan mempertahankan bisnisnya, sekaligus juga memberi kesempatan dan motivasi bagi para pelakunya.

"Sehingga mendorong pelaku usaha untuk terus berinovasi serta berkreasi dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produk unggulan, yang muara akhirnya, dapat meningkatkan daya saing dan kapasitas produksi UMKM di daerah ini," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019