Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Anak, Masyarakat dan Desa (PPAMD) Kabupaten Samosir Rawati Simbolon membuka bursa Inovasi Desa, Selasa (22/10), di Aula AE Manihuruk Lumban Suhi-suhi.

Bursa Inovasi Desa Cluster I meliputi Kecamatan Pangururan, Simanindo dan Ronggurnihuta. Cluster II, Harian, Sianjur Mulamula dan Sitiotio. Cluster III, Onangrunggu, Nainggolan dan Palipi

Program Inovasi Desa (PID) merupakan wujud komitmen Pemerintah dalam menjalankan amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. 

PID dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas agar dapat meningkatkan produktivitas rakyat dan kemandirian ekonomi serta mempersiapkan pembangunan sumber daya yang memiliki daya saing.

Bidang-bidang bursa Inovasi Desa yang ditawarkan adalah Kewirausahaan, Infrastruktur, Sumber Daya Manusia.

Untuk itu, Rawati Simbolon mengharapkan kepada peserta agar dapat mengimplementasikan bahan paparan bursa inovasi desa yang disampaikan para narasumber.

Diharapkan juga para peserta Program Bursa Inovasi Desa ini dapat memilih bidang-bidang kegiatan yang relevan untuk diterapkan didesanya dalam menyusun Rancangan APBDes TA 2020. 
 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019