ASN jajaran Pemkab Samosir berpakaian etnik batak pada peringatan Hari Kesadaran Nasional yang dirangkai perayaan Hari Ulos, Kamis (17/10), di halaman kantor Bupati di Rianiate, Pangururan.

Bupati Samosir, Rapidin Simbolon dalam arahan menjelaskan, Perayaaan Hari Ulos dirangkai dengan Upacara Kesadaraan Nasional merupakan bentuk apresiasi atas penghargaan terhadap ulos sebagai warisan budaya nenek moyang.

Ulos ditetapkan sebagai warisan budaya Indonesia melalui keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 153982G/MPK.A/D/2014 tentang Ulos Batak Toba Sebagai Warisan Budaya Takbenda. 

Ulos juga sudah menjadi bagian yang melekat dalam kehidupan sehari-hari orang batak yang digunakan dalam berbagai aktivitas adat habatahon, mulai dari kelahiran sampai kematian, acara sukacita dan dukacita, bahkan seiring perkembangan zaman ulos telah menjadi cenderamata bagi tamu yang kita cintai.

ASN di Samosir yang merupakan asal muasal suku batak serta sebagai warga negara yang baik sudah sepatutnya bangga dan mau melestarikan warisan para leluhur dengan berbagai ekspresi dan selebrasi.
 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019