Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Ketenagakerjaan (Dinas KUMK dan Naker) Kota Sibolga mengadakan pelatihan bagi 20 orang warga yang menganggur di usia yang masih produktif.

Pelatihan ini direncanakan berlangsung selama 12 hari dan dibina serta dilatih langsung oleh tenaga profesional yang ahli di bidangnya tepatnya dari Sanggar Kreatif Bunga Matahari, Kota Binjai, Sumatera Utara.

Kepala Bidang Ketenagakerjaan Dinas KUKM dan Ketenagakerjaan kota Sibolga, Emalia Sejahtera, Kamis, menjelaskan, melalui pelatihan itu diharapkan akan lahir wirausahawan baru di Kota Sibolga yang bisa memanfaatkan bahan baku bambu yang bahan dasarnya masih cukup banyak tersedia.

“Selama pelatihan para peserta akan dilatih membuat aneka kerajinan tangan yang bernilai ekonomi. Ilmu yang didapatkan pada pelatihan ini diharapkan akan bisa diterapkan dalam aktivitas sehari-hari khususnya bagi warga yang belum punya pekerjaan sama sekali,” katanya usai acara pembukaan pelatihan.

Ia berharap kegiatan tersebut menjadi batu loncatan bagi mereka (peserta) untuk bisa menekuni usaha kerajinan tangan berbahan dasar bambu, tusuk gigi atau sumpit.

Dengan demikian ke depan akan lahir wirausaha-wirausaha baru yang mampu bersaing dengan daerah-daerah lain. Secara umum tentunya lahirnya wirausahawan baru ini akan menciptakan lapangan kerja baru dan mengurangi pengangguran.

Sementara itu menurut Gunawan selaku instruktur dari Sanggar Kreatif Bunga Matahari Binjai mengatakan, melalui pelatihan tersebut para peserta akan memiliki usaha sampingan dan bisa menjadi sumber penghasilan.

"Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan mengolah bambu sedemikian rupa, sehingga bila diterapkan, bagi mereka yang sudah bekerja ini menjadi penghasilan tambahan dan bagi yang  belum hal ini bisa menjadi usaha baru," ujarnya.

Kepala Dinas KUKM dan Ketenagakerjaan Kota Sibolga, Lysna Siahaan kepada media menjelaskan bahwa Pemerintah kota Sibolga berkomitmen melahirkan wirausahawan-wirausahawan baru di kota Sibolga.

Untuk menjalankan komitmen itu berbagai pelatihan telah dilaksanakan oleh dinas KUKM dan Ketenagakerjaan diantaranya pelatihan tenaga kerja mandiri disertai pendampingan serta pelatihan wirausaha  baru dengan bahan dasar bambu, sumpit dan jenis lainnya.

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019