DPRD Labuhanbatu sudah mengagendakan pembentukan kelompok partai atau fraksi sebelum membahas tata tertib lembaga dan alat kelengkapan dewan lainnya.

Pimpinan sementara DPRD Labuhanbatu, Eko Ardiansyah Hasibuan di Rantauprapat, Kamis (3/10) sore menjelaskan, sudah memfasilitasi pembentukan struktural fraksi dari partai politik.

Namun, pihaknya belum menerima komposisi susunan Fraksi Golkar dan Hanura untuk melakukan rapat penetapan selanjutnya. "Belum. Sementara Hanura masih menunggu surat defenitifnya," katanya.

Ia menjelaskan, masih menunggu hasil rapat pleno DPD Partai Golkar yang dijadwalkan pada, Sabtu (5/10). Sementara, rapat itu akan disesuaikan dengan agenda Ketua DPD Partai Golkar yang juga Bupati Labuhanbatu, Andi Suhaimi Dalimunthe.

"Itu harus diplenokan kalau gak menyalahi AD ART. Masih menunggu arahan ketua, Sabtu ini kami baru rapat," ujar Eko Ardiansyah Hasibuan yang juga anggota DPRD dari Partai Golkar ini.

Baca juga: Anggota DPRD Labuhanbatu dari Gerindra dan Golkar tertidur saat pelantikan

Wakil pimpinan sementara DPRD Labuhanbatu, Abdul Karim Hasibuan mengatakan, sesuai agenda akan membentuk 8 Fraksi di DPRD Labuhanbatu. 

Dalam agenda itu sudah menerima 6 struktural pembentukan Fraksi dari partai politik, yakni Fraksi PDI-Perjuangan, Fraksi Gerindra 6 kursi ditambah Partai Berkarya satu kursi, Fraksi Amanat Nasional, Fraksi NasDem 4 kursi dan Fraksi Perindo Bangkit.

Sedangkan partai Golkar dan Hanura masih menunggu surat resmi susunan Fraksi dari partai masing-masing. "Kami belum menerima komposisi Fraksi dari Partai Golkar. Kalau Partai Hanura komposisinya sudah ada dan suratnya masih dalam perjalanan kesini," katanya.

Secara kelembagaan, ujar Abdul Karim Hasibuan, kewenangannya legislatif masih terbatas, sehingga penetapan rapat paripurna Fraksi akan terus dilaksanakan, untuk selanjutnya pembahasan tata tertib sebagai pedoman aturan anggota legislatif dalam bekerja. 

Baca juga: Pelantikan DPRD Labuhanbatu diwarnai unjuk rasa mahasiswa

Sementara, Fraksi partai yang sudah lengkap mendesak segera dilaksanakan rapat paripurna penetapan Fraksi untuk mengejar pembahasan Rancangan APBD Kabupaten Labuhanbatu.

"Untuk sementara komposisi 7 Fraksi sudah lengkap, ditambah Partai Hanura, kalau Partai Golkar belum juga menyerahkan komposisi Fraksi, rapat penetapan akan dilanjutkan dan partai Golkar akan menyusul," ujarnya.

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019