Bupati Mandailing Natal, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution menghimbau masyarakat agar mengurangi aktifitas di luar dan senantiasa memakai masker bila melaksanakan aktifitas.

Hal ini disampaikan Bupati kepada ANTARA, Selasa (24/9) dalam menyikapi semakin tebalnya kabut asap yang melanda kabupaten itu dalam seminggu terakhir ini.

Dan bila mana kepekatan kabut asap ini semakin berlanjut dan membahayakan bagi warga agar proses belajar mengajar di sekolah dan aktifitas kantor di kecamatan diliburkan.

"Dan khusus kepada Kepala Sekolah, mengingat luasnya Madina, makala masih terus berlangsung asap yang membahayakan ini tanpa menunggu aba-aba dari Pemerintah agar tidak melakukan proses PBM dengan memberikan surat laporan kepada Pemerintah," sebut Bupati.

Sedangkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) diseluruh kecamatan juga diminta untuk mengambil sikap yang sama yakni manakala asap semakin menebal agar para Camat mengambil sikap  perhatian khusus.

Bupati menyebutkan, untuk menanggulangi kabut asap ini Pemerintah Daerah juga telah mengeluarkan surat adaran pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan dan hutan di wilayah itu.

Untuk menanggulangi kabut asap yang melanda Mandailing Natal ini kepada seluruh pemuka masyarakat, agama juga  dimintau mendoakan agar bencana ini cepat berakhir.

Sedangkan kepada masyarakat luas terutama pemilik perkebunan diminta agar tidak melakukan pembakaran lahan dan hutan.

"Saya tidak melihat agama apa mari kita doakan kabut asap ini cepat berhenti," harap Bupati.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019