Plt Bupati Asahan, H Surya bersama Polres Asahan membagi-bagikan masker kepada masyarkat yang melintas di Jalan Hos Cokroaminoto Kisaran. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi gangguan kabut asap. 

“ Bagi masker ini merupakan kepedulian kita sesama terhadap kondisi asap yang menyelimuti Kota Kisaran beberapa hari ini,” ucap Surya di sela-sela bagi masker di depan Kantor Satlantas Polres Asahan, Kamis (19/9).

Surya berharap dengan pembagian masker tersebut mengurangi dampak dari kabut asap kepada masyarakat Asahan. Pasalnya dampak dari Kabut asap sudah sangat menghawatirkan untuk itulah sebagai antisipasi dampak yang ditimbulkan maka Pemerintah Kabupaten Asahan melakukan pembagian masker.

“ Saya minta kepada Kadis Kesehatan untuk dapat secara terus memberikan pelayanan terhadap dampak dari kabut asap kepada masyarakat di setiap Puskesmas yang ada di Kabupaten Asahan,” sebut Surya.

Beberapa hari ini kabut asap yang menyelimuti Asahan, pihaknya, kata Surya sudah membagikan sebanyak 2000 masker dari Dinas Kesehatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab. Asahan sampai saat ini telah membagikan 5000 masker.

Sementara itu, Kadis Kesehatan, dr Haris Yudhariansyah menjelasakan kabut asap dapat menyebabkan pernapasan tergangu. Diantaranya batuk, iritasi tenggorokan, asma, paru-paru dan lainya. 

“ Intinya gunakanlah masker saat beraktivitas diluar. Setidaknya bisa memperkecil gangguan dari asap,” ucap Haris.

 

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019