Setiap anak harus mendapat pembinaan sejak dini, anak perlu mendapat kesempatan yang seluas-luas nya untuk dapat tumbuh berkembang secara optimal, baik fisik, mental maupun sosial. Hal itu dapat terwujud jika dimulai dari peran dan kualitas keluarga dalam perlindungan anak.


Demikian dikatakan Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani dalam sambutannya pada acara Hari Anak Nasional tingkat Kabupaten Tapanuli Tengah tahun 2019 di Gedung Serbaguna Pandan, Senin (19/8). 

Bupati juga mengimbau kepada orang tua khususnya suami untuk tidak merokok di depan anak, karena dampaknya terkena kepada si anak.

"Anak adalah tanggung jawab kita bersama. Cintai anakmu, sayangi anakmu, kelak mereka akan mendoakanmu kepada Tuhan Yang Maha Esa,” pesan Bupati.

Sebelumnya bupati bersama Bunda PAUD Tapteng, Ny Citra Bakhtiar Ahmad Sibarani didampingi Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul dan Ny Juli Darwin Sitompul, serta Forkopimda membuka secara resmi gelaran hari anak nasional (HAN) dengan melepas balon dan melepas Karnaval Anak TK, PAUD sederajat di Lapangan sepak bola Pandan. 

Pada kesempatan itu juga anak-anak TK dan PAUD menampilkan kebolehan mereka dalam bernyanyi dan menari, sehingga menambah kemeriahan acara.

Sementara itu Bunda PAUD Tapteng, Ny Citra Bakhtiar Ahmad Sibarani menyampaikan, peringatan HAN 2019 merupakan momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh bangsa Indonesia, khususnya masyarakat Tapteng untuk menghormati, menghargai, dan menjamin hak-hak anak dari usia dini.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada pendidik yang telah melatih dan mempersiapkan penampilan anak-anak.

Ia mengaku begitu gembira dan bahagia melihat wajah ceria mereka karena anak-anak pintar dan percaya diri melakukan gerakan dan penampilan.

"Kelihatan mereka semua gembira sehat-sehat. Mereka adalah anak-anak harapan bangsa, investasi Tapanuli Tengah dimasa yang akan datang,” sebutnya seraya mengajak semua pihak untuk meningkatkan upaya dan keikhlasan dalam mengasuh dan mendidik anak-anak, khususnya di Tapteng. 

Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2019 mengusung tema peran keluarga dalam perlindungan anak. Sedangkan sub tema perkuat peran keluarga dalam berbagai upaya untuk pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak.

Turut hadir dalam kegiatan itu mewakili Danrem 023/KS, Forkopimda Tapteng, Sekda, pimpinan OPD, Tim Penggerak PKK Tapteng, Dharma Wanita Persatuan, Ketua MUI, serta orang tua murid.

 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019