Tim Verifikasi Kota Sehat dari Pemerintah Pusat dan tim pendamping dari Pemprov Sumut berkunjung ke Kota Pematangsiantar, Selasa (6/8).

Tim dipimpin Aloysia Widyastuti dari Kemenkes RI dan Theresia Lukita Siboro (Kemendagri) didampingi Hilde Tobing dan Rosdiana Nainggolan (Dinkes Sumut) serta Siti Rahma (Bappeda Sumut).

Rombongan disambut Wakil Wali Kota Pematangsiantar Togar Sitorus didampingi Ketua TP PKK Nyonya Syahputri Hefriansyah boru Hutabarat, di ruang serbaguna kantor Bappeda. 

Aloysia mengatakan, Pemerintah Kota Pematangsiantar masuk nominasi Kota Tersehat, dari 202 kota se-Indonesia.

Kedatangan pihaknya melakukan peninjauan ke lapangan untuk melihat langsung program-program yang sudah dikerjakan terkait Kota Sehat.

Kota Sehat adalah suatu kondisi kota yang bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Wali Kota dalam sambutan tertulis menjelaskan, untuk tahap pertama Kota Pematangsiantar fokus pada tatanan kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum, serta kehidupan masyarakat sehat yang mandiri.

Penyelenggaraan Kota Sehat pada tahapan itu untuk mendapatkan penghargaan Kota Sehat dengan taraf pemantapan, yaitu "Swasti Saba Padapa".
 

Pewarta: Waristo

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019