Wisata Gunung Api di Berastagi kini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, terutama wisatawan asing. Hal ini dikatakan Dedi Nelson, salah satu pelaku pariwisata di Kabupaten Karo.

Dedi Nelson yang juga General Manager Hotel Sibayak Internasional Berastagi, di Berastagi, Minggu (28/7), menyebutkan Tanah Karo adalah penunjang utama pariwisata Sumatera Utara.

"Daerahnya sejuk dan pemandangannya sangat indah, apalagi ada dua gunung yang masih aktif di sini. Hanya berjarak 65 kilometer dari Kota Medan, menjadikan Kabupaten Karo semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan nusantara dan mancanegara," katanya.

"Hari demi hari beberapa objek wisata di daerah ini mulai dibenahi," kata Kasman Sembiring, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Karo, dalam sebuah kesempatan.

Menurut Dedi Nelson, para pelaku pariwisata sangat menyambut positif apa yang disampaikan Kepala Dinas Pariwisata tersebut.

"Cukup banyak hal yang bisa kita tingkatkan, mulai dari budaya, kerajinan serta wisata edukasi bagi anak anak sekolah. Dan juga ada Taman Simalem Resort yang berada di pinggir Danau Toba dan sejak dulunya sudah mengembangkan pertanian organik," katanya.

Gunung Sinabung yang erupsi sejak 2010 telah menjadikan Kabupaten Karo semakin dikenal wisatawan mancanegara.

"Dalam hal ini kita juga sangat prihatin dengan banyaknya masyarakat yang telah diungsikan dan telah disediakan lahan oleh pemerintah. Di sisi lain peluang pariwisata juga ada," ujar Ketua PHRI Kabupaten  Karo, Dikson Pelawi.

Pihaknya berupaya memenuhi keinginan wisatawan dengan lebih banyak mempromosikan potensi Wisata Gunung Api melalui "The Volcano Park ".

"Hal ini tidak akan sia-sia. Banyak wisatawan saat ini selalu berkunjung ke daerah aman di sekitar Gunung Sinabung. Wisatawan bisa melihat betapa dahsyat erupsi Gunung Sinabung yang sampai saat ini menyisakan cerita pahit bagi masyarakat," katanya.

Dedi Nelson juga mengatakan bahwa ke depan pihaknya bersama anggota PHRI dan IHGMA (Indonesia Hotel General Manager Asosiation) Kabupaten Karo berencana  membuat paket liburan menarik bagi wisatawan yang akan berkunjung ke daerah itu, mulai dari Air Terjun Sikulikap sampai ke Air Terjun Sipiso Piso.

"Kami sangat optimistis dan objek wisata di Tanah Karo ini masih banyak peluang untuk terus dikembangkan," katanya.
 

Pewarta: Rel

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019