Sebanyak 560 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara melaksanakan Kuliah Kerja Nyata yang tersebar di 20 desa di wilayah Kabupaten Serdang Bedagai selama satu bulan.

Asisten Ekbangsos Pemkab Serdang Bedagai, Kaharuddin, di Seirampah, Kamis mengatakan kegiatan pengabdian kepada masyaraka seperti itu tetap menjadi pilihan yang baik untuk mewujudkan sinergitas antara masyarakat kampus dan masyarakat warga negara.

Sifat dari kegiatan KKN adalah menerapkan ilmu pengetahuan teoritik yang telah diterima Mahasiswa selama menempuh studi di bangku perkuliahan dan memberikannya kepada masyarakat sebagai wahana pengetahuan praktis.

"Untuk itu ia berharap kepada berbagai pihak yang berkompeten untuk turut membantu pelaksanaan kegiatan KKN itu sehingga benar-benar menjadi media pembelajaran praktis kepada para mahasiswa, khususnya kepada para Camat yang wilayahnya menjadi lokasi mahasiswa KKN," katanya.

Sebelumnya Ketua LP2M UIN Sumut Dr Shiyamu Manurung mengatakan pelaksanaan KKN mahasiswa UIN dari 8 fakultas itu dilaksanakan di 20 desa di 4 Kecamatan yaitu Kecamatan Perbaungan, Pantai Cermin, Sei Rampah dan Sei Bamban, pungkas Bupati Soekirman.

"KKN itu dilaksanakan selama satu bulan mulai 25 Juli hingga 25 Agustus 2019. Sementara untuk seluruh Sumut pelaksanaan KKN mahasiswa UIN Sumut total berjumlah 3.700 mahasiswa," katanya

Ia jug amenyampaikan kepada mahasiswa saat menjalani KKN nantinya bahwa dosen mereka adalah masyarakat.

Cara belajar adalah bagaimana memahami dan menyesuaikan keadaan, jadilah agen perubahan yang positif bukan yang negatif.

"Mahasiswa harus mampu mengendalikan perasaan dengan membaca realita yang ada. Selain itu hendaknya dapat menyesuaikan dengan keadaan pola hidup masyarakat yang kaya dengan adat dan budaya," katanya.
 

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019