Sebanyak 300 atlet tarung derajat dari 19 kabupaten/kota se-Sumut akan mengikuti kejuaraan Piala Gubernur Sumatera Utara yang akan digelar 22-25 Juli 2019 di GOR Futsal Jalan Wiliam Iskandar, Medan.

"Kita mendapat data bahwa atlet-atlet tarung derajat dari 19 daerah dipastikan akan ambil bagian di event bergengsi tingkat Sumatera Utara ini," kata Kadispora Sumut Baharuddin Siagian didampingi Kabid Pembudayaan Olahraga, Rusli, di Medan, Rabu.

Ia mengatakan ajang tersebut merupakan sarana seleksi daerah bagi atlet-atlet pelajar cabang tarung derajat yang akan dipersiapkan mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) pada Oktober mendatang. 

"Kita bakal melihat dan sekaligus melakukan penjaringan atlet yang nantinya bakal kita siapkan menuju Popnas tahun ini," katanya.

Untuk itu dengan 16 momor lomba yang akan dipertandingkan di event tersebut pihaknya memastikan akan menjadikannya sebagai  media untuk melihat bibit atlet berkualitas yang akan disiapkan untuk program jangka panjang.

"Selain untuk menjaring atlet pelajar untuk event Popnas, ajang ini kita manfaatkan untuk  melihat potensi atlet yang kelak akan kita jadikan cikal bakal menuju persiapan PON 2024 di Sumut-Aceh 4 tahun mendatang," katanya.

Mengingat even tersebut juga sebagai ajang pesiapan menjelang Popnas, ia meminta kepada semua atlet nantinya yang akan bertanding agar benar-benar berlaga dengan serius namun tetap menjunjung sportivitas.

"Bertandinglah dengan sungguh-sungguh, tunjukkan bahwa kalian bisa. Para atlet itu merupakan cikal bakal atlet yang akan berlaga di PON 2014 mendatang," katanya.
 

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019