Anak-anak Kabupaten Asahan akan memiliki kartu identitas anak (KIA) yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

Kadis Capil Asahan, Supriyanto mengatakan selain mencetak KTP elektronik pihaknya juga kini mempersiapkan pencetakan untuk KIA.

 "Kita sudah siapkan seribuan KIA dan dalam waktu dekat akan kita serahkan," ucap Supriyanto, Jumat (12/7) di gedung capil setempat.

Supriyanto yang didampingi sekretaris,  Darmawan menjelasakan tujuan program pemerintah menerbitkan KIA adalah agar anak-anak Indonesia memiliki identitas sesuai yang tertera di kartu keluarga masing-masing.

Selain itu dengan adanya KIA bisa mempermudah pelayanan perbankan,  transportasi dan sebagai identitas diri.

Dengan adanya KIA anak Indonesia bisa mempergunakan sebagai persyaratan  mendaftar sekolah,  pelayanan kesehatan dan persyaratan lainnya. " KIA  ditujukan sebagai upaya untuk memenuhi hak anak ,"  ungkap Supriyanto, sembari mengatakan KIA akan diberlakukan mulai 2019.

Untuk menerbitkan KIA, Supriyanto mengatakan pihaknya akan menjadwalkan kunjungan kesekolah untuk menjemput persyaratan berupa akte kelahiran,  kartu keluarga dan foto.

" Untuk sementara kita proritaskan tingkat SD dan SMP sederajat,"  sebut Supriyanto.

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019