Pemerintah Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, terus berupaya memajukan pendidikan di daerah itu agar dapat menghasilkan lulusan berkualitas, satu di antaranya dengan menggelar pelatihan khusus bagi pengawas sekolah.

Asisten III Pemkab Deliserdang, Jentralin Purba di Lubukpakam, Selasa, mengatakan pendidikan dan latihan yang diberikan tersebut juga dalam upaya meningkatkan kompetensi pengawas sekolah, karena memang keberadaan pengawas sekolah juga sangat menentukan kemajuan pendidikan.

"Intinya diklat yang diikuti 40 peserta ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pengawas sekolah," katanya.

Ia mengatakan pendidikan memiliki peranan penting dalam menjaga keberlangsungan pembangunan, baik itu pendidikan formal maupun non formal.

Karena, kata dia, peran pendidikan tidak sebatas memberikan pengetahuan dan keahlian kepada tiap-tiap individu untuk dapat bekerja sebagai agen perubahan yang baik bagi masyarakat saja.

Namun dalam pendidikan, katanya, juga menanamkan tata nilai yang serba luhur atau ahlak mulia, norma-norma, cita-cita, tingkah laku dan aspirasi yang selalu berkaitan, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan kepentingan pembangunan bangsa khususnya pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Seiring dengan itu, kata dia, maka pengawas sekolah memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan maju mundurnya pendidikan.
Tugas pengawas sekolah tersebut antara lain melakukan pengawasan pendidikan di sekolah.

Melalui penilaian dan pembinaan, menurut dia, pengawas sekolah dapat melaksanakan fungsi supervisi akademik sebagai bantuan profesional kepada guru dalam rangka meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran.

Selain itu, katanya, juga fungsi supervisi manajerial yakni sebagai bantuan profesional kepada kepala sekolah dalam meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan.

"Untuk itu agar dapat menjalankan tugasnya secara profesional, maka diperlukan berbagai upaya-upaya, salah satunya dengan menyelenggarakan Diklat Peningkatan Kompetensi Pengawas Sekolah seperti yang di selenggarakan pada saat ini," demikian Jentralin Purba.
 

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019