PT Toba Pulp Lestari kembali melakukan penanaman tanaman kehidupan bersama masyarakat melalui kerjasama IUPHHK perusahaan dengan 5 kelompok tani hutan, di Desa Sabungan Nihuta IV, Kecamatan Sipahutar, Kabupaten Tapanuli Utara.
 
Menurut Deputi General Manager PT TPL, Janres Silalahi, Jumat (3/5), agenda penanaman digelar belum lama ini di tengah acara syukuran yang dilakukan di Desa Sabungan Nihuta IV yang mengacu kepada P 83/2016 Permen LHK tentang perhutanan sosial demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam bidang ekonomi melalui tanaman kehidupan.
 
Lima kelompok tani hutan di Kecamatan Sipahutar seperti, yakni KTH Suka Maju, KTH Nunut-Adian Padang, KTH Marsitogutoguan-Lobu Maulid, KTH Dusun Sigalagala, dan KTH Dusun Adian Batu dan Gabungan kelompok tani Sabungan Nihuta IV, menjadi kelompok pembinaan oleh TPL.
 
"Kelima kelompok tersebut merupakan tahap awal pembinaan yang dilakukan perusahaan kepada masyarakat," terang Janres Silalahi.

Dikatakan, kedepan bila ada kelompok masyarakat yang ingin mendapatkan pembinaan, perusahaan akan siap dengan tangan terbuka.
 
"Masyarakat tidak perlu ragu dengan pengadaan pohon untuk program tanaman kehidupan, TPL akan menyediakan pohon buah bagi kelompok masyarakat yang apabila berhasil, akan dipanen oleh kelompok KTH, untuk peningkatan ekonomi, bukan untuk perusahaan," jelasnya.
 
Harapan pihak perusahaan, semoga kemitraan dengan masyarakat dalam program tanaman kehidupan berjalan sinergi dengan perawatan tanaman yang diberikan dalam peningkatan ekonomi untuk kesejahteraan.

"Mari lestarikan hutan dengan tanaman kehidupan, tanpa merusak  hutan dengan menelantarkan pemanfaatan tanaman kehidupan untuk kemajuan  ekonomi desa," imbuhnya.
 
Terpisah, Kepala Desa Sabungan Nihuta IV, Partomuan Simanjuntak dan Ketua Gapoktan, Darton Simanjuntak, sangat mengapresiasi kemitraan yang dilakukan PT TPL terhadap masyarakat.
 
"Perusahaan dan masyarakat, dapat berkelanjutan untuk menjalin kerjasama pola kemitraan tanaman Kehidupan dan bermanfaat kepada peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat," sebut Partomuan.
 
Harapnya, melalui kerjasama ini ketertinggalan desa kami dapat teratasi, dan juga pihak perusahaan selalu melakukan pembinaan kepada KTH yang dibentuk oleh masyarakat.
 
Agenda penanaman pohon di tengah acara syukuran tersebut dihadiri Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara yang diwakili Dinas Lingkungan Hidup, Uspika Sipahutar, KPH IV Balige, Pihak TPL dan ratusan warga desa Sabungan Nihuta. 

Penanaman pohon secara simbolis dilakukan di atas lahan kelompok masyarakat oleh uspida Kabupaten, masyarakat, dan PT TPL.
 

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019