Penobatan Bunda Pendidikan AnakUsia Dini (PAUD) kepada Ny. Romi Eddy KA Berutu menandai peringatan Hari Pendidikan Nasional di Kabupaten Dairi yang dilaksanakan di Lapangan Sudirman, JL. Sudirman, Sidikalang, Kamis (2/5) dengan tema“ Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

"Saya senang bisa berjumpa dengan anak-anak Paud, jadi anak-anak ini dibekali pendidikan budi pakerti, itu yang paling penting, “ ujarNy. Romi.

Menghargai sesama, karena ahlak itu terbentuk dari budi pakerti anak sejak dini. Cerdas kalau tidak berahlak itu tidak ada gunanya. 

Ny. Romi dinobatkan sebagai Bunda PAUD Kabupaten Dairi ditandai dengan penyematan selempang, bunda Paud Kabupaten Dairi dan pemasangan Pin oleh bupati Dairi Eddy KA Berutu dihadapan peserta usai mengikuti upacara Hardiknas.

Rangkaian lain pelaksanaan Hardiknas di Dairi diantaranya, penyematan dan pengalungan bunga kepada Bupati Dairi Eddy KA Berutu, dan Bunga Pangku kepada Ny. Romi Eddy KA Berutu, sebagai penghargaan kepada pemimpin baru oleh anak anak PAUD yang turut serta memeriahkan pelaksanaan Hardiknas lewat tarian “Menapu Page” (Bahasa daerah, Menuai Padi, red).

Transparansi Dana Bos Dengan Teknologi Baru

Bupati Dairi tampil sebagai Pembina Upacara yang dalam amanatnya membacakan Pidato menteri Pendidikan dan kebudayaan RI Muhadzir effendi.

Saatini, kata Mendikbud dalam sambutannya,  peserta didik didominasi generasi Z yang terlahir di era digital, dan pesatnya teknologi. 

Mereka lebih cepat dan mudah menyerap teknologi baru. Untuk itu, penguatan karakter anak adalah merupakan hal penting untuk bisa melahirkan kecintaan dan kebanggaan pada symbol symbol negara yang terus harus ditanamkan agar mampu membentuk generasi yang kuat rasa nasionalis  dan berjiwa patriot.

Selanjutnya, Bupati Dairi Dr. Eddy KA Berutu, menyampaikan dalam dunia pendidikan di Kabupaten Dairi, sebagai pemimpin yang baru dilantik akan menjalankan amanah sesuai peraturan secara berjenjang. 

“Sarana prasarana yang memadai dalam bidang pendidikan kita tentu menjadi perhatian kita, kepada anak anak didik kita, guru guru agar mampu menyalurkan ilmunya kepada peserta didik, juga penting yaitu kurikulum kita,”ujarBupati.


Plot anggaran, kata bupati agar menempatkan bidang pendidikan, sesuai dengan arahan kementerian dari pemerintah pusat, dan akan dilihat bagaimana di tahun 2019 karena anggarannya sudah disahkan.

Nanti tahun 2020 akan dikaji untuk program dan kegiatan dalam bidang pendidikan sesuai Misi yang disampaikan dalam pemerintahan kabupaten Dairi kedepan.

Mengenai transparansi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), bupati menyampaikan akan memberdayakan komite pendidikan. 

“Ketidaksesuaian proses administrasi dalam satuan kerja, hubungan orang tua dan pendidik untuk memanjukan pendidikan kita, “ urainya.
 

Pewarta: Deshot

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019