Dr.Yanhar Jamaluddin, M.AP dilantik menjadi Rektor Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) masa bakti 2019-2023 oleh Ketua Umum Yayasan UISU, Prof. Ismet Danial Nasution, Jumat (26/4) di kampus Jalan SM Raja Medan. 

Hadir pada pelantikan itu, Ketua Pembina Yayasan UISU T Hamdy Oesman Delikkan Alhajj, Pj. Rektor Dr Liesna Andriany, M.Pd, Jajaran Pembantu Rektor UISU, Dekan, Dosen, pegawai dan mahasiswa di lingkungan UISU.

Selain itu juga hadir mewakili Gubernur Sumut, Pangdam I/BB, Pangkosekhanudnas, Kapoldasu dan Wakil Walikota Medan. 

Dr. Yanhar Jamaluddin dilantik sebagai Rektor setelah memperoleh skor tertinggi dari tiga calon Rektor lainnya seperti Dr. Dra. Liesna Andriany, Prof. Dr. Ir Nurhayati, MP, dan Dr. Ir Tri Martial.

Ketua Umum Yayasan UISU, Prof. Ismet Danial Nasution didampingi Sekretaris Umum Ir. Indra Gunawan, MP dan Bendahara Umum, Ir. Armansyah, MT mengatakan sebelumnya para calon memaparkan program kerja di hadapan para senat universitas dan melewati seleksi oleh Tim Seeleksi yang dibentuk pengurus yayasan UISU. 

Test terhadap calon rektor meliputi uji membaca Alquran dan uji kelayakan dan kepatutan oleh Tim Seleksi yang terdiri dari Prof, Hasim purba, dan dua profesional, Prof Mansur Ramly dan Prof Rafiqi Tantawi. 

Selanjutnya, Pengurus Yayasan tanggal 25 April 2029 menetapkan Rektor UISU masa Bakti 2019-2023 berdasarkan nilai terbaik dengan komponen penilaian pertimbangan senaty 40 persen, membaca Alquran 20 persen dan Uji Kelayakan dan Kepatutan 40 persen.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara diwakili Staf Ahli Bidang Hukum dan Pemerintahan,pada acara pelantikan itu berpesan untuk tetap memberikan layanan terbaik kepada masyarakat terutama dalam bentukhadirnya institusi UISU dan para civitas akademikanya di tengah-tengah masyarakat di dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang timbul melalui sinergitas antar institusi. 

Dengan demikian keberadaan UISU dapat dirasakan manfaatnya sebagaimana amanah Tridharma perguruan tinggi. Sebagai salah satu PTS yang sudah berdiri cukup lama dan sangat berpengalaman dalam menghasilkan SDM yang berkualitas, UISU merupakan aset berharga.

Pada kesempatan yang sama, Ketua L2Dikti Sumut Prof. Dr Dian Armanto, MPd mengatakan bahwa UISU harus mampu memperoleh akreditasi A dibawah kemepimpinan Rektor UISU yang baru dilantik. 

Dia juga mengingatkan, perlunya membangun kerjasama yanga baik antara rektor dengan jajarannya sehingga pada akhirnya akan dapat membangun UISU menjadi lebih baik ke depannya.

Sebab itu, hal yang perlu diperhatikan seorang rektor adalah segala kebijakan harus mengacu statuta UISU, pedoman akademik, paraturan menteri Pendidikan Tinggi, dan standard nasional pendidikan tinggi,

Selain itu, Ketua Umum Yayasan, Prof Ismet Danial Nasution dalam sambutannya mengingatkan untuk menjaga dan melaksanakan amanah dengan jujur dan akhlak mulia. Tidak kalah penting harus berupaya membawa UISU menjadi PTS terbaik sesuai visi dan missi UISU.

Sejalan dengan itu, Dr. Yanhar Jamaluddin mengajak kalangan civitas akademika untuk sama-sama bekerja membangun UISU yang lebih baik, sesuai visi missi. 

"Mari kita bekerjasama saling melengkapi, mengingatkan. Salah satunya bagaimana meraih kembali posisi UISU sebagai PTS terbaik di wilayah Sumatera," katanya.


 

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019