Sedikitnya 700 pelaku usaha kecil dan menengah di Kota Binjai terus bergerak dan melakukan inovasi sehingga membutuhkan peningkatan kualitas melalui berbagai pelatihan.

Hal itu disampaikan Wali kota Binjai Muhammad Idaham, di Binjai, Senin, saat membuka pelatihan peningkatan produktivitas dalam rangka meningkatkan ekonomi, produktivitas dan daya saing perusahaan.

Ia mengatakan saat ini perkembangan UMKM dan Industri Kecil Menengah (IKM) berjalan dengan baik, tercatat sebanyak kurang lebih 700 pelaku UMKM dan IKM yang ada di Binjai.

"Mereka terus bergerak dan berinovasi, sehingga membutuhkan peningkatan kualitas. Agar mereka mampu bersaing dengan UMKM dari daerah lain dan negara lain," katanya.

Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas para pelaku UMKM yakni dengan memberikan pelatihan kepada mereka. selain itu pembinaan dari segi kualitas, pelatihan mengemas hasil produksi, sehingga mereka siap bersaing.

Yang tak kalah pentingnya pemerintah juga harus mampu menciptakan pasar, agar produk yang dihasilkan dapat terjual. 

Saat ini Pemkot Binjai juga telah menyiapkan satu kolaborasi untuk peningkatan UMKM dan IKM, dengan melakukam kerjasama dengan Buka Lapak, PT Bank Sumut dan Bank Indonesia.


 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019