Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Asahan menyatakan pihaknya bisa menindaklanjuti saran Presiden Joko Widodo (Jokowi) pembangunan jalan memakai aspal bercampur karet.

“Kita siap mendukung untuk melakukan perintah Presiden, apalagi saran yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembangunan jalan,” demikian kata, Kadis PUPR Asahan, Tengku Adi Huzaifa di sela-sela musrebang tingkat kabupaten di Kantor  Bupati Asahan, Rabu (13/3).

Namun, kata Kadis pihaknya harus melakukan studi banding dengan daerah yang telah melakukan pembangunan jalan mengunakan aspal karet. Dan juga menunggu peraturan dari kementrian PUPR pusat .

“Regulasi dari PUPR belum kita terima. Artinya Asahan siap melakukan program pemerintah pusat,” ujar Tengku.

Pembangunan jalan yang mengunakan aspal campuran karet  diterapkan di tiga provinsi, yakni Sumatera Selatan, Riau dan Jambi.

Berdasarkan laporan yang dia terima, hasil pembangunan jalan menggunakan aspal bercampur karet sangat bagus. Selain tak mudah rusak, juga dapat mengurangi kebisingan jalan raya dan campuran karet akan meningkatkan kualitas aspal, baik usia maupun ketahanan terhadap alur.

Pewarta: Indra

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019