Komite Olahraga Nasional Indonesia Sumatera Utara memberi apresiasi atas digelarnya Kejuaraan Bulu Tangkis kelompok umur Daihatsu Astec Open (DAO) 2019 Medan karena dinilai akan kembali menggairahkan cabang olahraga itu di Sumatera Utara.

Ketua KONI Sumut John Lubis di Medan, Selasa, mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi digelarnya even itu mengingat kejuaraan seperti itu sempat vakum dalam beberapa tahun terakhir.

Sehingga dengan demikian pihaknya sangat berharap kegiatan yang digelar dari 12-16 Maret 2019 dan diikuti 514 pebulu tangkis muda,itu dapat kembali menggelorakan perbulutangkisan di Sumatera Utara.

"Ini sebuah gebrakan. Di mana beberapa hari setelah dilantik pengurus baru PBSI Sumut langsung menggelar kejuaraan. Jadi patut kita apresiasi karena event sempat vakum hampir empat tahun lamanya," ucapnya.

Lebih lanjut John berharap, pengurus baru PBSI Sumut dapat menciptakan atlet-atlet bulu tangkis yang berprestasi baik dikancah nasional maupun internasional.

"Kami harap anak-anak kami yang bertanding ini diberi fasilitas dan tempat sekaligus mengikuti banyak event karena di tahun 2024 kita menjadi tuan rumah PON ke-XXI. Dan ditempat inilah cabor bulutangkis PON dilaksanakan," tambahnya.

Sementara Ketua Pengprov PBSI Sumut, Suripno Ngadimin mengatakan, pihaknya akan berupaya menjadi tuan rumah yang baik untuk kejuaraan bertaraf internasional dan masuk dalam Badminton Asia Confederation (BAC) itu.

"Sebagai penyelenggara semua sarana sudah kita siapkan. Makanya dapat BAC. Semua yang tanding bukan dari Sumut saja. Sampai Thailand dan India masuk.  Ini dasar pertama membangkitkan bulutangkis di Sumut. Setelah terakhir kali pada 2016, kami harapkan turnamen ini menjadi pintu awal dari upaya kita membenahi bulutangkis di Sumut,” kata Suripno.

Suripno berharap, event DAO 2019 ini menjadi batu loncatan lahirnya event-event lainnya di provinsi ini. Sehingga sangat baik untuk kembali menggelorakan semangat perbulutangkisan di Sumut, terutama event untuk pembinaan usia muda.

“Kalender tahun ini sudah tersusun semua di nasional. Kalau even berikutnya mungkin akan segera kita rencanakan. Tapi bersifat daerah. Siapa saja bisa buat dan PBSI siap men-support. Apalagi untuk pembinaan usia dini,” tambahnya.***3***

 

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019