Media-media lokal di Catalunya menyebut Barcelona sudah dapat dipastikan menjuarai La Liga musim ini setelah memenangi El Clasico dikandang Real Madrid pada laga pekan ke-26 Liga Spanyol, Minggu pagi WIB.

Kemenangan 1-0 itu membuat Barcelona kian mantap di puncak klasemen Liga Spanyol dengan raihan 60 poin dan unggul 10 poin dari Atletico Madrid (50) di urutan kedua serta 12 poin atas Madrid (48) yang menempati peringkat ketiga.

Meski di atas kertas selisih 10 poin masih bisa dikejar dengan liga yang masih menyisakan 12 pertandingan untuk dijalani, namun gelar juara sudah disematkan oleh media-media Catalunya kepada Barcelona.

"Mereka seperti juara," demikian tajuk yang dipampangkan koran lokal Barcelona, Sport, menggambarkan hasil yang diraih hanya tiga hari berselang setelah kemenangan 3-0 atas Madrid pada semifinal Piala Raja sebagai "penyerbuan ke Santiago Bernabeu."

Sport juga menyoroti keberhasilan Barcelona meraih empat kemenangan beruntun di kandang Madrid, yang mereka sebut sebagai sebuah hegemoni di markas lawan.

"Barcelona kini memegang kunci gerbang Bernabeu, stadion yang kini mereka jadikan rumah dan tak ada ketakutan di sana, hanya kesenangan," demikian tulisan editor Sport.

Baca juga: Barcelona menangi El Clasico di kandang Real Madrid
Baca juga: Striker Espanyol Wu Lei pemain China pertama cetak gol di liga Spanyol

Harian Catalunya lainnya, Mundo Deportivo, mengibaratkan kemenangan dan perayaan yang dilakukan Barcelona sebagai sebuah "tarian" sembari menambahkan narasi, "Barcelona hampir menyentuh trofi juara setelah membunuh peluang Madrid."

Sementara itu nada berbeda ditunjukkan koran-koran lokal ibu kota yang menyebut bahwa Madrid harus melakukan perubahan setelah terbentur dengan berulangnya kegagalan di kompetisi domestik.

"Barca mendaratkan pukulan keras lagi, menghabisi peluang Real di Piala Raja dan Liga Spanyol dalam rentang tiga hari saja," tulis harian Marca.

Baca juga: Manchester United berencana rekrut Rakitic dari Barcelona

Sementara harian AS, menurunkan tajuk "Madrid menyerah" di halaman depan mereka sembari meluncurkan narasi bahwa senjakala telah tiba di Madrid, termasuk para bintang yang telah melewati masa kejayaannya seperti Sergio Ramos, Gareth Bale, Toni Kroos dan Marcelo.

"Ini adalah krisis yang harus ditindak klub dengan menemukan kembali jiwa mereka pada musim panas nanti untuk memulai awal baru setelah tahun yang penuh guncangan," demikian tulis AS.

AS juga mengkritik bahwa perubahan harus dilakukan di Madrid, termasuk mempertanyakan patut tidaknya memberikan kesempatan lebih lanjut kepada pelatih Santiago Solari serta meninjau daftar pengeluaran yang terlalu besar untuk gaji para pemain bintang minim prestasi.

Pewarta: Gilang Galiartha

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019